Olahraga Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 02 Juli 2018 / 12:40 WIB

Menteri Susi Bakal Ikuti Kayak Marathon

JAKARTA, KRJOGJA.com – Belitong Geopark akan merilis event Belitong Geopark International Kayak Marathon (BGIKM) 2018, 27-29 Juli. Event ini akan diikuti enam negara dari tiga benua. Status Unesco Global Geopark pun dilirik Belitong Geopark di tahun 2019. 

BGIKM akan menyajikan serunya lomba kayak marathon dengan eksotisnya venue. Digelar selama tiga hari, lokasi event ini berada di Tanjung Kelayang, Belitung. Selain tuan rumah Indonesia, negara yang ambil bagian adalah Malaysia, Singapura, dan India, Selandia Baru, Trinidad and Tobago. 

Event menjadi semakin spesial karena Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan hadir. BGIKM sedikitnya diikuti oleh 58 peserta. Mereka akan turun di tiga kategori berbeda. Untuk kategori K1-21KM akan diikuti oleh 27 nama. Rinciannya, 22 nama berasal dari Indonesia hingga 2 peserta dari Malaysia. Masing-masing 1 peserta yang datang dari Trinidad and Tobago, Selandia Baru, juga India.

Untuk kategori K2-21KM, lomba akan diikuti 12 tim. Setiap timnya terdiri dari 2 orang. Mereka terdiri dari 8 tim asal Indonesia, lalu 4 tim dari Malaysia. Khusus untuk kategori Stand Up Paddle akan diikuti 7 nama yang kesemuanya lokal. 

"BGIKM ini event yang besar. Jumlah peserta banyak dan dari berbagai negara. Pastikan event ini tidak terlewatkan karena sangat menarik dan menantang. Kami juga memberikan apresiasi karena event ini memiliki commercial values yang besar. Biasanya daerah dengan banyak event begini memiliki inkam per kapita lebih tinggi,” ungkap Menpar Arief Yahya.

Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Roslan menjelaskan, BGIKM membidik wisman dan wisnus. Wilayah Provinsi Bangka Belitung ini memang jadi destinasi potensial bagi wisman. Sepanjang Februari 2018, tercatat jumlah kenaikan kunjungan wisman mencapai 35,35%. Angka riilnya adalah 804 wisman. (Fon)