Olahraga Editor : Ivan Aditya Senin, 02 Juli 2018 / 09:28 WIB

Adu Penalti Loloskan Kroasia Maju Perempat Final

RUSIA, KRJOGJA.com - Kroasia melangkah ke babak perempat final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Denmark lewat adu penalti 3-2 (1-1 sepanjang 120 menit) yang dramatis di Stadion Nizhny Novgorod, Senin (02/07/2018) dini hari WIB.

Laga Kroasia vs Denmark sempat berlangsung menarik setelah dua gol tercipta di empat menit awal pertandingan. Denmark langsung mengagetkan pertahanan Kroasia saat laga baru berjalan 57 detik.

Berawal dari lemparan bebas, Thomas Delaney berhasil mengontrol bola di kotak penalti dan menyodorkannya pada Mathias Joergensen. Dengan tenang Joergensen mengirimkan tendangan mendatar ke arah gawang yang berbuah gol.

Tiga menit kemudian Kroasia langsung membalas tuntas gol tersebut lewat Mario Mandzukic. Penyerang Juventus itu memanfaatkan kesalahan lini belakang Denmark ketika mengantisipasi umpan tarik Sime Vrsaljko.

Bola sempat dibuang bek Denmark kemudian mengenai wajah Andreas Christensen. Bola muntah kemudian berhasil diteruskan Mandzukic untuk membobol gawang Denmark. Skor 1-1 bertahan hingga jeda babak pertama.

Di babak kedua pertandingan berjalan alot. Kroasia menjadi tim yang terlihat lebih berbahaya, tapi Denmark tetap mampu mengancam lewat serangan balik. Meski memiliki sejumlah peluang, tapi Kroasia dan Denmark tidak mampu mencetak gol kemenangan.

Skor imbang 1-1 di akhir babak kedua membuat laga Kroasia vs Denmark berlangsung ke 2x15 menit babak tambahan. Pada menit ke-116, Kroasia mendapat hadiah penalti setelah Mathias Joergensen melanggar Ante Rebic di kotak penalti usai berhasil melewati Schmeichel.

Gelandang veteran Luka Modric yang dipercaya menjadi eksekutor penalti gagal melakukan tugasnya. Tendangan penalti Modric berhasil digagalkan Schmeichel yang sukses menangkap bola di pojok kiri gawang. Kegagalan penalti Modric membuat laga Kroasia vs Denmark harus ditentukan lewat adu penalti.

Adu penalti berlangsung dramatis karena Schmeichel dan Danijel Subasic sama-sama tampil luar biasa di bawah mistar gawang. Namun, Kroasia akhirnya lolos ke babak perempat final setelah Subasic menggagalkan tiga penalti Denmark.

Schmeichel sukses menggagalkan penalti Milan Badelj dan Josip Pivaric. Tapi, kiper Leicester City itu gagal menghentikan penalti Ivan Rakitic yang menentukan langkah Kroasia ke babak selanjutnya. (*)