Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Senin, 02 Juli 2018 / 01:31 WIB

Kagama Cabang Arab Saudi Dilantik

YOGYA, KRJOGJA.com - Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) mengadakan Halal Bihalal di Wisma Kagama Yogyakarta, Minggu (1/7/2018) malam. Acara tersebut dibarengkan dengan pelantikan Pengurus Cabang Khusus Kagama Kerajaan Saudi Arabia (KSA) dan Pengurus Kagama Fakultas Biologi (Kabiogama).

Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Kagama Ganjar Pranowo ditandai penyematan pin dan penandatanganan berita acara pelantikan. Hadir dalam acara tersebut Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono MEng DEng dan Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni UGM Dr Paripurna.

Ganjar Pranowo mengatakan, pengurus daerah Kagama sudah terbentuk hampir di seluruh Indonesia, tinggal dua daerah yaitu Provinsi Papua Barat dan Kalimantan Utara. Dari pengalaman Ganjar berkunjung, semua kepala daerah mangaku sangat senang dan terbantu kiprah alumni UGM dalam mengembangkan daerah. "Kagama punya semua jalur untuk membantu menyelesaikan persoalan bangsa Indonesia. Hal itu yang harus kita optimalkan," terang Ganjar.

Ganjar menyambut baik terbentuknya Pengurus Cabang Khusus Kagama KSA yang diharapkan bisa bersinergi dengan Pengurus Pusat Kagama dan pemerintah untuk kemajuan bangsa. Ganjar juga mengapresiasi organisasi Kagama lain seperti Kagama Virtual yang secara kontinyu berhasil menghimpun dana alumni untuk program beasiswa bagi mahasiswa UGM. "Sekecil apapun, diharapkan Kagama bisa berkontribusi bagi kemanusiaan dan kemajuan bangsa," katanya.

Rektor UGM mengatakan, perguruan tinggi akan maju jika didukung alumni-alumninya. UGM sangat beruntung memiliki banyak alumni yang sangat kompak dan guyup dalam wadah Kagama. Saat ini ranking UGM naik dari peringkat 402 menjadi 391 dunia, dan menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia. "Tujuan utamanya memang bukan peringkat, melainkan kontribusi UGM bagi kemanfaatan dan kesejahteraan masyarakat. Ketika telah memberikan kemanfaatan yang baik, tentu UGM akan dicatat oleh masyarakat, dan secara otomatis akan mendapatkan reward atau menaikkan ranking," katanya.

Ketua Pengurus Cabang Khusus Kagama KSA periode 2018-2023, Gentur Sedyaporna bersyukur akhirnya pengurus Kagama KSA terbentuk. Menurutnya, dengan terbentuknya Kagama KSA, para alumni bisa berkontribusi membangun sinergi dan kerja sama dengan organisasi profesi nonpemerintah dan pemerintah Saudi Arabia demi kemajuan bangsa. "Pelantikan ini menjadi momentum bagi kami mendharmabaktikan keilmuan atau apapun demi kemajuan bangsa," katanya.

Sedangkan Ketua Kabiogama periode 2015-2020 Prof Dr Kadarwati Budiharjo SU yang juga mertua Gentur Sedyaporna mengatakan, siap melanjutkan program kerja pengurus lama demi kemajuan UGM, bangsa dan negara.(Dev)