Peristiwa Agregasi    Minggu, 01 Juli 2018 / 18:08 WIB

Warga AS Protes Kebijakan Imigran 'Tanpa Toleransi' Donald Trump

WASHINGTON, KRJOGJA.com - Puluhan ribu warga Amerika serikat Sabtu (30/6/2018) waktu setempat berdemonstrasi di sejumlah kota di Amerika, termasuk di Ibu Kota Washington DC, memprotes kebijakan imigrasi pemerintah Donald Trump yang dikenal sebagai kebijakan 'tanpa toleransi.'

Massa datang dengan membawa poster dan spanduk bertuliskan kecaman terhadap kebijakan imigrasi pemerintahan Trump di depan Lafayette Square, Washington DC, yang terletak tepat di seberang Gedung Putih, kantor dan kediaman resmi Presiden Donald Trump.

Beberapa anggota Kongres dari Partai Demokrat, musisi dan bintang film ikut berdemonstrasi dan menyampaikan pernyataan di atas panggung, mengecam kebijakan imigrasi “zero tolerance” atau “tanpa toleransi” yang diberlakukan Presiden Donald Trump.

Berdasarkan kebijakan ini, pemerintah Amerika mulai mengajukan tuntutan terhadap semua migran yang tertangkap memasuki wilayah Amerika tanpa dokumen atau tanpa izin.

Mengutip VOA Indonesia, Minggu (1/7/2018) pemberlakuan kebijakan ini sejak April lalu disertai dengan pemisahan lebih dari 2.300 anak migran dari orangtua mereka yang masuk lewat perbatasan selatan. Anak-anak itu ditempatkan di berbagai fasilitas di seluruh Amerika, sementara orangtua mereka ditangkap dan diinterogasi.

Kuatnya tekanan publik membuat Presiden Donald Trump pada pekan lalu menandatangani perintah eksekutif untuk mengakhiri pemisahan anak dari orangtua mereka, tetapi hingga laporan ini disampaikan nasib lebih dari dua ribu anak-anak yang sudah terlanjur dipisahkan itu belum diketahui. (*)