Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 01 Juli 2018 / 13:10 WIB

12 Akun Palsu Ustaz Wijayanto Raup Dana Rp100 Juta

SLEMAN, KRJOGJA.com - Nama tenar seseorang sering disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan pribadi. Seperti yang menimpa Ustadz Wijayanto, bukan Ustadz Iip Wijayanto seperti pemberitaan sebelumnya.

Nama Ustadz Wijayanto dicatut seseorang untuk menggalang dana demi aksi kemanusiaan. Nyatanya uang ratusan juta tersebut masuk ke kantong pelaku untuk kepentingan pribadi. 

Ustadz Wijayanto mengaku, di sosial media ada kurang lebih 12 akun palsu yang mencatut namanya. Dia akhirnya memilih jalur hukum karena pengelola akun palsu tersebut meminta dana kepada umat. Berdalih penggalangan dana kemanusiaan, pelaku meminta sejumlah uang kepada para jemaah yang ada di sosial media.

Sebelum peristiwa ini, Ustadz Wijayanto bahkan sudah berulang kali mengatakan jika ia tidak punya akun sosial media. Baik itu Instagram maupun Facebook. Bahkan informasi tersebut selalu disampaikan ketika mengisi acara di televisi nasional.

BACA JUGA :

Aa Gym Klarifikasi Cuitan Hoax dari Akun Palsu Dirinya

"Tindakan pelaku ini akhirnya saya ketahui karena salah satu kenalan saya menghubungi saya dan mengatakan jika telah mentransfer sejumlah uang,” beber Ustadz Wijayanto saat dikonfirmasi, Sabtu (30/6).

Menurut Ustadz Wijayanto, akun palsu itu telah dikelola sejak satu tahun belakangan ini. Dari hasil transaksi, diduga tersangka berhasil menggalang dana lebih dari Rp 100 juta. Tersangka berdalih menggalang dana untuk Suriah, bencana alam Aceh, banjir di Bima serta bantuan ke
anak-anak yatim. 

"Jemaah saya kan banyak. Ada jemaah haji, umrah, pemirsa TV, mahasiswa dan warga pengajian. Tapi mungkin tidak semua lihat televisi jadi sangat mudah bagi pelaku untuk menggalang dana, mengatasnamakan saya,” beber Ustadz Wijayanto.

Meski tak punya niatan menemui pelaku, Ustadz Wijayanto menyerahkan sepenuhnya kasus ini ke kepolisian. Ia juga sangat mengapresiasi kinerja polisi karena bisa menangkap pelaku.

Sementara itu Direktur Reserse Khusus Polda DIY Kombes Pol Gatot Budi Utomo saat dikonfirmasi membenarkan penangkapan terhadap pemilik akun palsu atas nama Ustadz Wijayanto. Tersangka akan dijerat Undang-undang Informatika dan Transaksi Elektronik (ITE). Namun Gatot enggan menyebutkan lebih lanjut perihal identitas pelaku. (R-2)