Ekonomi Agregasi    Jumat, 29 Juni 2018 / 02:42 WIB

Ada yang Telat, Perusahaan Taat Bayar THR

JAKARTA, KRJOGJA.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyebut jika pengaduan mengenai Tunjangan Hari Raya (THR) pada tahun ini mengalami penurunan. Bahkan penurunannya bisa mencapai setengahnya alias 50% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan, berdasarkan catatannya, pengaduan terkait THR yang masuk ke Posko Lebaran di Kementerian Ketenagakerjaan hanya 1.000 pengaduan saja. Sedangkan untuk masalah yang di luar pembayaran THR, Posko Lebaran Kemnaker menerima sekitar 200 pengaduan.

Atas data tersebut pula, dirinya mengaku puas. Sebab, dengan penurunan hampir 50% berarti menandakan jika kesadaran perusahaan untuk memberikan hak THR kepada karyawannya sudah semakin meningkat.

"Secara umum, pengaduannya mungkin sekitar 1.000, tapi yang tidak terkait dengan masalah THR 200-an lah. Dibandingkan dengan tahun lalu berarti menurun hampir separuh," ujarnya saat ditemui di Kantor Kemnaker, Jakarta, Kamis (28/6/2018).


Lebih lanjut Hanif mengatakan, dari total pengaduan yang masuk memiliki masalah yang bermacam-macam. Dari mulai telat dalam membayar THR, hingga jumlah THR yang dibayarkan tidak sesuai.

"Ada yang telat bayar, ada yang ditunda, ada yang tidak sesuai angkanya. Semua ditindaklanjuti, dinas-dinas di daerah juga. Kalau dilihat datanya level kepatuhannya sudah meningkat," jelasnya.

Sebagai informasi sebelumnya, Kemenaker sebelumnya menetapkan aturan bagi perusahaan swasta untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) paling lambat 7 hari sebelum (H-7) Lebaran. Bagi pekerja yang tidak mendapat THR dalam jangka waktu yang ditentukan, bisa mengadu pada posko pengaduan THR yang disediakan Kemenaker.

Posko pengaduan keterlambatan pembayaran THR dibuka di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan hingga 22 Juni 2018. Kepala Seksi Pemasyarakatan Hubungan Industrial Kemnaker Lucky Mahadewi menyatakanm perusahaan akan diberi denda jika tidak melakukan pembayaran THR paling lambat H-7 Idul Fitri. (*)