Gaya Hidup Agregasi    Selasa, 26 Juni 2018 / 00:47 WIB

Perempuan Dianjurkan Makan dan Minum Usai 'Begituan', Ini Alasannya

BEBERAPA orang mungkin ada yang langsung tertidur usai bercinta dengan pasangannya. Padahal masih ada hal lain yang harus dilakukan setelah berhubungan seksual. Tujuannya untuk menghindari terjadinya infeksi.

Pada perempuan, Miss V harus selalu dibersihkan agar tidak ada penumpukan bakteri. Melansir Women’s Health, Sabtu (23/6/2018), inilah hal lain yang perlu dilakukan perempuan usai bercinta:

Konsumsi suplemen cranberry

Setiap selesai bercinta, usahakan untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung cranberry. Cara ini bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih yang mungkin terjadi. Selain itu, perempuan juga dianjurkan untuk buang air kecil setelah berhubungan seksual untuk menyingkirkan bakteri yang mungkin saja terbawa ke dalam Miss V.

Berendam

Bercinta mungkin saja membuat Miss V mengalami iritasi atau pembengkakan karena posisi tertentu. Untuk mengatasi hal ini, berendam bisa menjadi pilihan yang baik karena membantu mengurangi risiko infeksi pada Miss V.

Alasannya karena berendam dapat membantu menghidrasi kulit Miss V bagian luar. Perempuan bisa menambahkan sedikit minyak kelapa untuk memberi efek rileks. Tapi jangan gunakan minya yang mengandung aroma wewangian tertentu karena malah bisa menyebabkan iritasi.

Minum air

Saat berhubungan seksual, perempuan tentu mengeluarkan banyak keringat. Maka dari itu, disarankan untuk segera minum air putih setelah bercinta. Tujuannya apalagi jika bukan mencegah terjadinya dehidrasi. Sebab dehidrasi dapat memengaruhi seluruh tubuh termasuk Miss V karena membuatnya menjadi kering. Selain itu, menjaga tubuh tetap terhidrasi membantu menghilangkan bakteri dari kandung kemih sehingga membuatnya terhindar dari infeksi saluran kemih.

Konsumsi makanan kaya probiotik

Selain minum, makanan juga dibutuhkan sehabis bercinta. Jangan pilih makanan yang berat karena biasanya sehabis berhubungan seksual orang cenderung lelah dan ingin tertidur. Konsumsi makanan berat akan mengganggu kualitas tidur karena sistem pencernaan masih harus bekerja.

Sebaliknya, pilihlah makanan ringan yang sehat dan kaya probiotik seperti yoghurt, kimchi, kombucha, dan makanan fermentasi lainnya. Makanan-makanan itu mengandung probiotik yang juga ditemukan pada Miss V sehingga tetap menjaga jumlahnya dan membantu mengurangi risiko infeksi ragi. (*)