DIY Editor : Danar Widiyanto Rabu, 24 Agustus 2016 / 12:34 WIB

Lepas Jabatan Bupati, Hasto Calon Tunggal Pilkada 2017?

YOGYA (KRjogja.com) - Hasto Wardoyo secara resmi tak lagi menjabat sebagai bupati Kulonprogo setelah masa tugasnya selesai Rabu (24/8/2016) hari ini. Lalu apa kegiatan pria yang sebelumnya berprofesi sebagai dokter ini?

Usai pelantikan Penjabat Bupati Kulonprogo Budi Antono di Bangsal Kepatihan, Rabu (24/8/2016) Hasto mengatakan ia akan mengikuti tahapan formal untuk maju kembali menjadi bupati Kulonprogo 2017-2022. Bersama Sutedjo, Hasto kini sudah memastikan diri kembali turun dalam pilkada 2017 setelah resmi diusung beberapa partai politik.

"Saya ikuti tahapan normatif yang ada karena bersama Pak Tedjo kami berdua direkrut oleh partai politik, ada PDIP, PAN dan Golkar. Kami akan ikuti proses demokrasi, ya itu yang akan kami lakukan setelah ini," ungkapnya.

Terkait kemungkinan ia menjadi calon tunggal pilkada Kulonprogo, Hasto enggan berspekulasi lebih lanjut. Menurut dia, waktu satu bulan kedepan yang menjadi batas akhir pendaftaran calon masih cukup panjang dan masih memungkinkan muncul calon baru.

"Saya tidak mau memperkosa mekanisme, masih ada satu bulan. Masih bisa muncul banyak calon baru nanti, kita tunggu saja dan ikuti tahapannya, ikuti mekanismenya saja secara normatif," imbuhnya.

Hingga saat ini Hasto mengklaim hampir semua partai politik yang memiliki kursi di legislatif Kulonprogo menyatakan dukungan pada pasangan Hasto Sutejo kecuali Gerindra dan PKB. "PDIP, PAN, Golkar, Hanura, Nasdem, ada juga yang suratnya belum turun yakni PKS dan PPP juga sudah secara lisan hanya Gerindra dan PKB yang belum," pungkasnya. (Fxh)