DIY Editor : Danar Widiyanto Minggu, 24 Juni 2018 / 23:11 WIB

Bazaar Semarakkan Syawalan Trah HB VII Tahun Ini

KELUARGA  besar Paguyuban Sapta Wandawa Trah NgD. SDISKS Hamengku Bowono VII rutin menggelar Syawalan setiap tahun. Syawalan pada tahun ini dilaksanakan di Gedung Wanabhaktiyasa Jalan Kenari Yogya, Minggu (24/6/2018). Sebagian dari anggota trah bahkan ikut bazaar yang digelar di luar gedung setempat bertajuk Bazaar Usaha Mandiri–Trah HB VII.

“Peserta bazaar dari keluarga besar Paguyuban Sapta Wandawa Trah HB VII yang mempunyai usaha mandiri, seperti makanan, minuman, batik, percetakan dan kosmetik,” ungkap Ketua Paguyuban Sapta Wandawa Trah NgD. SDISKS Hamengku Bowono VII, Ir RM Condroyono MSP saat ditemui di sela-sela acara.

Sebagian jenis makanan, bahkan dikenal sebagai makanan tradisional yang sudah lama disenangi kerabat keraton, antara lain songgo buana, gadon sapi, mento, lemper dan carang gesing. Peserta Syawalan pun banyak yang membeli makanan-makanan seperti ini. Tak ketinggalan, beberapa produk dengan foto HB VII seperti kaos, kalender, mug serta cangkir juga banyak dibeli peserta Syawalan.

“Jumlah anggota Paguyuban Sapta Wandawa Trah HB VII ada ribuan, bahkan ada yang sedang tinggal di luar negeri. Setiap ada Syawalan jumlah yang datang biasa di atas 700 orang,” jelas RM Condroyono.

Sementara itu peserta bazaar Usaha Mandiri Trah HB VII, Puti Lokitasuri menjelaskan, pihaknya menyediakan aneka produk setiap ikut bazaar. Jenis makanan antara lain ada songgo buana dan wader goreng. Tak ketinggalan ada kaos serta bros yang ada fotonya HB VII serta kain batik. Khusus songgo buana dibuat oleh ibunya sendiri, terutama ketika ada pesanan maupun dijual pada sejumlah even.

“Beberapa makanan yang kami jual ada juga kulakan maupun titipan dari teman,” jelas Puti di akhir perbincangan.(Yan)