DIY Editor : Danar Widiyanto Rabu, 24 Agustus 2016 / 11:12 WIB

Resmi, Budi Antono Gantikan Hasto Wardoyo Urus Kulonprogo

YOGYA (KRjogja.com) - Gubernur DIY Sri Sultan HB X Rabu (24/8/2016) secara resmi melantik Penjabat (Pj) Bupati Kulonprogo Ir Budiantono. Budi Antono akan menggantikan bupati Hasto Wardoyo dan wakilnya Sutedjo yang telah habis masa tugasnya tepat hari ini.

Dalam pembacaan sumpah dan sambutannya, Sultan meminta Pj Bupati Kulonprogo Budi Antono untuk menjalankan tugas secara amanah dan sebaik-baiknya. Menurut Sultan meskipun jabatan tersebut hanya sementara namun tugas dan tanggungjwab sangat besar agar pelayanan pada masyarakat tetap berjalan sebagaimana mestinya.

"Penjabat memang tugas yang hanya sementara namun memiliki peran strategis untuk memastikan pelayanan masyarakat dan menjaga kesinambungan program kerja tetap berjalan sebagaimana mestinya. Saya percaya saudara dapat menjalankan tugas tersebut dengan sebaik-baiknya," ungkap Sultan.

Sultan juga mengingatkan pada Budi Antono untuk menjaga netralitas PNS dan aparatur negara dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kulonprogo Februari 2017 nanti. "Sikap bebas dari kepentingan ini sangat penting untuk dijaga sesuai ketentuan dalam undang-undang, dan penjabat bupati memiliki peran penting dalam hal ini," imbuhnya.

Budiantono saat ini merupakan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) DIY dan selama menjabat sebagai Pj Bupati Kulonprogo jabatan tersebut tetap akan diembannnya sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri. Sebelumnya Budi Antono juga sempat menjabat Pj Bupati Gunungkidul menggantikan Hj Badingah yang juga habis masa tugasnya. (Fxh)