Gaya Hidup Editor : Tomi sudjatmiko Sabtu, 23 Juni 2018 / 07:07 WIB

Nah Lo, Belajar Sampai Larut Malam Malah Bikin Cepat Lupa


TAK sedikit pelajar atau mahasiswa yang sering tidur hingga larut malam untuk menghafal pelajaran sebelum ujian. Hal itu dilakukan dengan harapan mereka dapat mengerjakan soal-soal ujian dengan baik karena waktu belajarnya lebih lama. 

Namun ternyata hal itu salah besar. Penelitian baru mengungkapkan jika belajar hingga larut malam malah lebih berbahaya. Hasil penelitian mengungkapkan jika begadang untuk menghafal informasi malah menghasilkan efek sebaliknya dari yang diharapkan. 

Cara itu dapat membuat otak tidak memiliki waktu beristirahat sehingga segala macam yang telah dihafalkan menjadi tenggelam atau istilahnya membuat otak buyar. Di sisi lain, kurang tidur juga bisa membuat nilai ujian menjadi rendah. Dari hasil penelitian, ahli dari Loyola Marymount University di California menemukan cara terbaik untuk mengingat hafalan informasi. 

Peneliti menyatakan bila hafalan baru bisa menempel di otak bila terkonsolidasi dengan baik yang sebagian besar prosesnya terjadi selama tidur.
Tak hanya itu, para peneliti juga menyatakan tidur siang memiliki kekuatan untuk meningkatkan kemampuan daya ingat setelah belajar dan menemukan fakta-fakta baru. 

Dengan demikian, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah menghafal sebelum tidur siang dan melanjutkannya dengan memejamkan mata sejenak. Sebab informasi akan terjebak dengan lebih baik di otak setelah tidur siang.

Sebelumnya, pada Festival Sains Cheltenham, profesor ilmu saraf dari London University yang mempelajari otak remaja, Sarah-Jayne Blakemore memberikan saran agar jam sekolah dimulai setelah waktu tidur siang sehingga para siswa tidak perlu terburu-buru bangun di pagi hari.

Dalam bukunya, ia juga mengatakan memaksa para siswa pergi ke sekolah lebih awal di pagi hari dapat membuat mereka kurang tidur sehingga menghambat proses belajar mengajar dan menurunkan suasana hati. Demikian sebagaimana dilansir Thesun, Jumat (22/6/2018). (*)