Gaya Hidup Editor : Tomi sudjatmiko Sabtu, 23 Juni 2018 / 04:14 WIB

4 Vitamin Penting yang Harus Tercukupi Setiap Hari

SETIAP hari, tubuh manusia membutuhkan vitamin. Nutrisi penting ini amat diperlukan demi menunjang serta mempertahankan kesehatan tubuh. Sebagian besar ahli kesehatan percaya bahwa tubuh akan mengeluarkan kembali beberapa multivitamin yang tidak diperlukan melalui air seni.

Namun, para ahli juga menegaskan supaya Anda harus fokus pada beberapa vitamin tertentu dan mengonsumsi suplemen sebagai pendukung kesehatan. Vitamin ini juga dapat diperoleh dengan menambahkan makanan tertentu ke dalam hidangan yang dikonsumsi. 

Meski demikian, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui, vitamin apa yang layak untuk dikonsumsi atau tidak. Seringkali Anda memberi beberapa vitamin di apotik maupun toko obat dan mengonsumsinya bersamaan tanpa mengetahui terlebih dahulu manfaatnya. Alhasil usaha Anda untuk sehat, malah menjadi percuma karena kesalahan vitamin yang Anda konsumsi.

Sebagaimana dilansir dari Medical Herald, Jumat (22/6/2018), dalam artikel ini akan membahas mengenai empat vitamin yang perlu Anda konsumsi setiap hari. So, jangan sampai salah minum vitamin yah gengs!

Vitamin C

Vitamin C penting untuk menangkal penyakit. Tidak hanya membantu Anda menjaga sel darah merah secara teratur, tetapi vitamin C juga dapat membantu Anda pulih dari latihan olahraga. Vitamin C dapat mengurangi kelelahan dan menurunkan stres. Jadi, tuangkan jus jeruk, dan mengonsumsi stroberi, brokoli, atau kubis Brussel untuk mendapatkan vitamin C.

Vitamin A

Vitamin A ditemukan dalam daging, keju, dan susu. Nutrisi ini mampu meningkatkan kesehatan mata, tulang dan gigi. Ingin meningkatkan kulit Anda dan membuatnya lebih kencang? Tambahkan lebih banyak Vitamin A ke dalam diet Anda. Telur, dan produk susu adalah makanan yang bagus untuk mendapatkan vitamin A. Jika Anda seorang vegan atau vegetarian, maka pastikan Anda memiliki suplemen vitamin A untuk memberi Anda nutrisi yang hilang.

Zinc

Zinc dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Tubuh memang telah banyak mengandung zinc, tetapi asupan nutrisi dapat menambahkan lebih banyak lagi zat penting ini ke tubuh Anda. Zinc dapat ditemukan pada kerang dan daging sapi; tetapi jika Anda tidak makan, Anda dapat menemukan vitamin ini dalam kacang dan kacang polong. Jika Anda remaja dan mengalami jerawatan, zinc dapat membantu membersihkannya.

Magnesium

Magnesium adalah vitamin kecil yang luar biasa dan mampu membantu lebih dari 300 proses enzimatik. Magnesium penting untuk DNA dan RNA, jadi jangan lewatkan kesempatan untuk menambahkannya ke menu makanan Anda. Jika Anda suka sayuran hijau, Anda bisa mengunyah bayam kaya makanan tersebut kaya akan magnesium dan kale. Mengonsumsi sayuran yang Anda butuhkan setiap hari akan mendapatkan cukup magnesium. Hal ini jauh lebih cepat daripada mengonsumsi suplemen. (*)