Jateng Editor : Danar Widiyanto Jumat, 22 Juni 2018 / 12:31 WIB

Datangkan Banyak Wisatawan, Kirab Kerbau Awali Lomban di Jepara

JEPARA, KRJOGJA.com - Rangkaian Pesta Lomban diawali dengan prosesi kirab kerbau, Jumat (22/6/2018). Kerbau yang hendak disembelih untuk dilarung itu akan diarak mulai dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujungbatu hingga Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Jobokuto.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara Basuki Wijayanto melalui Kabid Pemasaran Wisata, Florentina Budi K mengungkapkan, tahun ini merupakan tahun keempat pelaksanaan kirab kerbau di Jepara.

”Masyarakat biar tahu kerbau yang akan sembelih itu seperti apa. Bisa juga melihat proses penyembelihan. Kepala kerbau tersebut yang nanti akan dilarung,” katanya.

Pernah ada anggapan kalau hanya membeli kepala kerbau saja untuk dilarung. Dengan adanya kirab ini, memberikan pengertian kepada masyarakat bahwa kerbau disembelih terlebih dahulu. Baru kepalanya dilarung. Bukan hanya membeli kepala kerbau saja.

”Setelah disembelih, kepala kerbau akan dilarung ke perairan di sisi utara Pulau Panjang pada Sabtu pagi (besok),” tuturnya.

Pihaknya menambahkan, adanya prosesi kirab kerbau ini juga memberi manfaat pada masyarakat sekitar. Pasalnya setelah disembelih, daging kerbau dibagikan kepada masyarakat. Masyarakat bisa menikmatinya dalam bentuk aneka olahan yang disuguhkan saat pentas wayang kulit di TPI Ujung Batu nanti malam.

Setelah proses penyembelihan kerbau, dilanjutkan dengan ziarah ke makam wali di wilayah kota sore harinya. Di antaranya melakukan ziarah ke makam Cik Lanang, Kelurahan Bulu serta Mbah Ronggo di Ujungbatu. Keduanya merupakan sesepuh bagi para nelayan Jepara.

Malam harinya juga dilangsungkan pagelaran wayang kulit di TPI Ujungbatu. Pelarungan pesta lomban akan dimulai dari TPI Ujungbatu dan berakhir di Pantai Kartini Jepara besok dengan lebih dari seratus kapal yang mengiringi.(*)