Olahraga Editor : Danar Widiyanto Selasa, 19 Juni 2018 / 21:20 WIB

Diwarnai Kartu Merah, Jepang Jegal Kolombia 2-1

SARANKS, KRJOGJA.com - Hasil pertandingan Kolombia vs Jepang, Grup H Piala Dunia 2018, Selasa (19/6/2018) malam, usai dengan skor 1-2. Satu kartu merah dan satu penalti mewarnai laga ini.

Berita terbesar malam ini dari laga Grup H di Stadion Mordovia Arena, Saranks ini adalah kartu merah kepada satu pemain Kolombia pada menit kedua. Dalam satu serangan balik tim Jepang, tembakan berhasil ditahan oleh kiper David Ospina. Tapi dari bola muntah setelahnya, Shinji Kagawa melepaskan satu tendangan voli yang ditahan dengan tangan oleh Carlos Sanchez.

Wasit Damir Skomina dari Slovenia langsung mengibaskan kartu merah kepada Sanchez, tentu diiringi protes dari skuad Amerika Selatan tersebut. Setelah tertunda cukup lama, penalti akhirnya dijalankan dan Kagawa tidak berbuat kesalahan. Gol! 0-1 untuk Jepang!

Pada akhir babak pertama, Kolombia berhasil menyamakan skor berkat satu tendangan bebas dari Juan Quintero. Ia berhasil mengarahkan tendangan bebas itu melewati dinding manusia Samurai Biru dan masuk ke gawang. Meski ada protes dari sang kiper, wasit tetap mengesahkan gol tadi. Gol! 1-1!

Di pertengahan babak kedua, Yuya Osako membawa negeri Matahari Terbit itu unggul 1-2. Keisuke Honda yang masuk di menit 70 melayangkan satu sepak pojok. Akurat dan tertuju ke kepala Osako dan ia menanduk bola tepat arah, tak terjangkau kiper Ospina. Gol! 1-2!

Jika skor ini bertahan sampai akhir maka ini merupakan satu kejutan lain lagi di Piala Dunia 2018. Jepang sama sekali tidak diunggulkan untuk menang. Bahkan setelah pengusiran Sanchez tadi, mereka tidak difavoritkan menang.

Namun secara statistik memang terlihat dampak dari Kolombia hanya bermain dengan 10 orang saja. Dominasi bola mendekati 60% untuk Jepang. Shots on target sampai mendekati akhir babak kedua ini adalah 6 untuk Samurai Biru dan hanya tiga untuk La Tricolor.

Top skor Kolombia, James Rodriguez, dimasukkan menit 59 tadi, tak tak membuat banyak dampak untuk negaranya. Setelah injury time 5 menit, wasit akhirnya meniup peluit panjang. Hasil Kolombia vs Jepang ditutup dengan skor akhir 1-2.(*)