Gaya Hidup Agregasi    Sabtu, 16 Juni 2018 / 15:10 WIB

Minum Teh Manis Bisa Bikin Wajah Jerawatan?

PUNYA kulit segar, bebas jerawat, bercahaya adalah impian setiap perempuan. Tapi ada saja masalah kulit yang dihadapi banyak orang, termasuk muncul jerawat di wajah.

Kalau sudah timbul jerawat, rasanya percaya diri menurun karena penampilan kulit yang tidak mulus. Pasti Anda segera mencari cara apapun agar jerawat segera hilang dan tidak lagi mengganggu.

Jerawat terjadi ketika kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak. Minyak yang bercampur dengan kotoran cepat berubah jadi sel-sel mati, yang memblokir folikel rambut. Akibatnya berubah jadi infeksi yang berujung bisul jerawat.

Kondisi ini biasanya disebabkan karena ketidakseimbangan hormon, terutama di masa remaja. Dalam kondisi tertentu, jerawat dapat berlanjut hingga dewasa.

Di samping itu, gangguan stres, polusi, kurang tidur, dan diet yang tidak sehat juga berkontribusi sebabkan jerawat yang parah. Namun kalau penyebab ini dapat dicegah dalam dengan menjaga pola hidup sehat.

Bahkan ada juga temuan lain yang menunjukkan bahwa seseorang yang terbiasa minum teh dalam jangka panjang bisa memicu jerawat. Kalau hal ini benarkah terjadi atau tidak ya?

Ada sedikit perdebatan yang dilakukan oleh para ahli. Sebab, teh pada dasarnya mengandung antioksidan yang seharusnya membuat kulit lebih mulus. Nah, kira-kira teh jenis apa yang yang bisa memicu jerawat pada wajah seseoranga ya?

Dilansir Boldsky, Kamis (7/6/2018), minum teh yang ditambah susu dan gula yang rentan menyebabkan wajah berjerawat. Sebab, produk susu dikenal sebagai 'perusak' kulit. Kalau Anda sering minum teh dengan campuran susu mudah sekali terancam dengan timbulnya jerawat. Selain itu, susu sulit dicerna oleh usus yang menyebabkan Anda tidak nyaman.

Sementara gula juga mengandung zat tertentu yang bisa menganggu kesehatan kulit bila dikonsumsi berlebihan. Jika tidak ingin menerima risiko ini tentunya kurangi asupan diet gula pasir terutama saat minum teh.

Di samping itu, Anda juga harus menghindari pemanis buatan karena mereka menyebabkan masalah lainnya, yang mengganggu kesehatan. Sebagai gantinya, Anda bisa menambahkan gula merah atau madu jika ingin minum teh manis, tapi tetap jangan terlalu keseringan ya! (*)