DIY Editor : Agus Sigit Senin, 11 Juni 2018 / 16:44 WIB

Pertama di Indonesia

Keren..SMKN 3 Jogja Bikin Website Karir

YOGYA, KRjogja.com – Bursa Kerja Khusus SMKN 3 Yogyakarta (BKK SKAGATA) sebentar lagi bakal meluncurkan website karir bagi para alumni. Website dirancang untuk membantu mempertemukan alumni SMKN 3 Yogyakarta dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

“Setiap tahun SMKN 3 Jogja meluluskan kurang lebih 500 siswa dan 75 % dari jumlah siswa tersebut berkeinginan untuk langsung bekerja. Para alumni kami biasanya mengandalkan Bursa Kerja Khusus (BKK) untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi keahlian mereka ketika di SMK”, kata Koordinator BKK SMKN 3 Yogyakarta, Faiz Mudhokhi, S.Pd, Senin (11/6).

Keberadaan website karir juga memberikan informasi lowongan pekerjaan yang valid dan terpercaya bagi alumni. “Di internet atau media social memang banyak sekali lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan, namun terkadang ada diantara lowongan pekerjaan tersebut adalah hoax yang bertujuan hanya untuk mendapatkan data pelamar pekerjaan itu yang kita hindari," ungkap Faiz.

Para alumni biasanya mencari informasi pekerjaan dengan datang ke sekolah. Selain itu ketika melamar pekerjaan biasanya para alumni juga selalu mengumpulkan lamaran pekerjaan dengan bentuk cetak dalam amplop.

Website Karir SMK yang beralamat di http://bkk.smkn3jogja.sch.id rencana akan Soft Launching pada 24 Juni 2018, memiliki sistem dimana para alumni ketika melamar pekerjaan cukup dengan klik tombol “Lamar Pekerjaan” maka otomatis dia sudah terdaftar dalam lowongan pekerjaan yang tersedia. Fasilitas “Lamar Pekerjaan” ini dapat langsung digunakan oleh para alumni yang sebelumnya sudah mendaftar dan mengisi daftar riwayat hidup serta meng-unggah dokumen pendukung lamaran kerja nya.

“Cukup dengan klik “Lamar Pekerjaan”, para alumni SMK sudah otomatis terdaftar di lowongan pekerjaan yang sebelumnya sudah di-unggah oleh perusahaan”, terang Faiz. 

Selain dengan penggunaan website karir, BKK SKAGATA juga mengkombinasikannya dengan Media Sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan Line dalam menginformasikan setiap lowongan kerja yang sudah di unggah oleh perusahaan yang sebelumnya sudah di verifikasi oleh BKK. (*)