DIY Editor : Danar Widiyanto Senin, 11 Juni 2018 / 02:50 WIB

SANTUNAN ANAK YATIM PAY JAMASBA

Bupati Bantul Beri Apresiasi

BANTUL, KRJOGJA.com - Bupati Bantul Drs H Suharsono atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul memberi apresiasi kepada Panti Asuhan Yatim Jamaah Masjid Bantul (PAY Jamasba) yang telah menyelenggarakan santunan untuk anak yatim pada Ramadan 1439 H ini. Kegiatan ini untuk terus memberi semangat dan memotivasi anak-anak yatim sebagai generasi penerus bangsa. Diharapkan di tangan anak-anak inilah estafet pembanguan di Kabupaten Bantul.

"Saya juga meminta anak-anak ini sekolahnya yang pintar, jangan berperilaku yang aneh-aneh. Jangan sampai terpengaruh minuman keras oplosan. Kepada orang tua untuk mengasuh dan mengarahkan pendidikan anak-anak ini yang benar agar nantinya mereka menjadi anak yang sehat, cerdas dan sejahtera di kemudian hari," ujar Suharsono sesaat sebelum menyerahkan santunan secara simbolis kepada anak yatim yang ada di Bantul di bawah asuhan Panti Asuhan Yatim Jamasba, di Serambi Masjid Jamasba Kota Bantul, Jalan KH Agus Salim No 97 Bantul, Minggu (10/6/2018). Ikut menyerahkan santunan kepada anak yatim Wadanramil Kecamatan Bantul Kapten Suhardi, Kapolsek Bantul Kompol Paimun dan Ketua Takmir Jamasba Drs H Imam Mawardi MSi.

Sementara itu, Imam Mawardi dan sekretaris panitia Joko Winarno menjelaskan, jumlah anak yatim yang diberi santunan oleh PAY Jamasba sebanyak 220 anak Yatim se Bantul. "Dengan rincian 18 anak putra-putri yang diasuh langsung di dalam panti Jamasba. Sedangkan di luar panti sebanyak 202 anak Yatim," tegas Imam Mawardi.

Dijelaskan, tingkat pendidikan yang diasuh langsung oleh PAY meliputi SD (1 anak), SMP (10 anak), SMK (6 anak) dan Perguruan Tinggi (1 anak). "Alumni panti yang sudah sarjana ada 16 orang dan ratusan alumni yang sudah bergabung di masyarakat," terangnya. Sedangkan anak yatim yang diasuh di luar panti, tapi masih dalam koordinasi PAY Jamasba tersebar di 15 Kecamatan se Bantul, dengan tingkat pendidikan SD (102 anak) dan SMP (100 anak).

Lebih lanjut dikatakan Joko Winarno, santunan yang diberikan kepada anak yatim merupakan acara rutin tahunan PAY Jamasba dalam rangka menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri 1439 H ini berupa satu paket, yang terdiri 10 macam. Yaitu uang saku, voucher belanja perlengkapan sekolah, beras, syirup marjan, gula pasir, susu bendera, minyak goreng, biskuit roma, kecap dan roti woderland, dengan total santunan Rp 600 ribu.

"Ditambah uang bantuan kebutuhan sekolah anak asuh di luar panti Rp 400 ribu per anak untuk satu tahun. Sedangkan anak yang ada di dalam panti seluruh kebutuhan menjadi tanggungjawab panti," pungkas Imam Mawardi. (Rar)