Jateng Editor : Agus Sigit Rabu, 06 Juni 2018 / 19:32 WIB

Ribuan Liter Miras Ilegal Dimusnahkan

BOYOLALI (KRjogja.com) – Ribuan botol minuman keras (miras) dari berbagai jenis, hasil dari operasi pemberantasan penyakit masyarakat di wilayah Boyolali, dimusnahkan, Rabu (6/6).

Miras yang disita dari sejumlah pedagang yang memperdagangkan minuman beralkohol secara ilegal tersebut merupakan hasil operasi selama tiga bulan terakhir dengan jumlah mencapai 2.268 ribu liter dari berbagai jenis. Paling banyak adalah jenis ciu sebanyak 1.184 liter, berbagai jenis anggur sekitar 220 liter, vodka, bir, serta sebagainya. Ribuan liter miras tersebut dituang ke dalam gentong yang sudah terisi material sampah dan kemudian dibuang. 

Dalam pemusnahan yang disaksikan Kepala PN Boyolali, Kejari, Dandim, dan sejumlah pejabat terkait, Kapolres Boyolali, AKBP Aries Andhi menjelaskan, operasi pekat, terutama untuk memberantas peredaran miras ilegal yang banyak diantaranya sebenarnya tak layak dikonsumsi, dilakukan sejak tiga bulan lalu. Selain untuk menjaga kondusifitas masyarakat jelang dan selama ramadhan, operasi dilakukan menyusul banyaknya peristiwa pengkonsumsi miras ilegal yang keracunan hingga meninggal dunia. 
"Untungnya kasus tersebut tak ada di Boyolali. Namun sebagai antisipasi, kita berantas peredarannya," tegas Kapolres.

Adanya Perda tentang miras di Boyolali juga sangat membantu kepolisian sebagai payung hukum dalam memberantas miras ilegal. Lanjut Kapolres, pedagang miras ilegal yang terjaring operasi sudah ditindak sesuai ketentuan hukum dengan menjalani sidang tipiring. (Gal)