Olahraga Editor : Danar Widiyanto Minggu, 03 Juni 2018 / 23:55 WIB

Tampil Memukau, Lorenzo Kuasai MotoGP Italia

MUGELLO, KRJOGJA.com - Rider Ducati, Jorge Lorenzo berhasil mempecundangi pembalap tuan rumah Valentino Rossi. Ia menjadi pembalap yang tercepat di MotoGP Italia 2018. Dalam balapan sepanjang 23 lap di Sirkuit Mugello Italia, Minggu (3/6/2018) malam, Jorge Lorenzo dinobatkan sebagai Juara I, sehingga berhak meraih podium utama, diikuti Andrea Dovizioso pada podium II dan rider tuan rumah Valentino Rossi di podium III. Sedangkan rider Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez terjatuh, sehingga gagal membawa pulang poin.

Dalam balapan tersebut Lorenzo tampil dominan sejak awal sampai akhir. Pembalap Spanyol itu merebut posisi pertama dari pemegang pole position Valentino Rossi usai start dan tidak terkejar oleh para pesaingnya yang menguntit di belakang.

Dovizioso membuntuti Lorenzo di sebagian besar balapan sampai finish. Rossi harus puas finish ketiga, diikuti Andrea Iannone, Alex Rins di lima besar.

Maverick Vinales yang start dari urutan ketiga tidak bisa berbuat banyak dan gagal bersaing untuk memperebutkan posisi tiga besar. Vinales hanya finish pada posisi kedelapan di belakang Cal Crutchlow dan Danilo Petrucci. Alvaro Bautista dan Johann Zarco melengkapi 10 besar. Marquez jatuh di awal balapan, tapi bisa melanjutkan lomba. Namun demikian Marquez gagal membawa pulang poin, karena hanya finish di posisi ke-16.

Meski gagal meraih poin di Sirkuit Mugello, Marc Marquez masih tetap memuncaki klasemen sementara MotoGP dengan 95 poin. Sedangkan Valentino Rossi yang merebut podium ketiga, posisinya naik dari urutan empat merangsek ke posisi kedua klasemen sementara dengan mengoleksi 72 poin. Selanjutnya, Jorge Lorenzo yang menjuarai MotoGP Italia, posisinya juga bergeser dari posisi 14 merambat ke posisi 10 Besar, mengemas 41 poin.(Rar)