DIY Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 04 Juni 2018 / 11:06 WIB

Berita Populer Sepekan : Gus Nuril Bangkitkan Pasukan Berani Gusdur Sampai Kajol Bertemu Kembaran di Singapura

YOGYA, KRJOGJA.com - Beragam berita telah disajikan dan dinikmati para pembaca setia KRJOGJA.com. Namun, dalam sepekan ini ada lima berita yang mendapat perhatian pembaca. Berikut lima berita terpopuler pilihan pembaca :

Sebut Negara Diganggu Khilafah, Gus Nuril Bangkitkan Pasukan Berani Mati Gus Dur

Pengasuh Pondok Pesantren Soko Tunggal Semarang, Nuril Arifin atau yang akrab disapa Gus Nuril menggelar Ngaji Kebangsaan dan Buka Puasa Bersama dengan semangat Menyapa Bangsa dengan Taman Hati di Lapangan Nur Iman Mlangi Sleman Rabu (30/5/2018) sore mulai pukul 15.00 WIB. 

Kyai yang dikenal dekat dengan Gus Dur ini pun kini diketahui tengah menggaungkan Patriot Garuda Nusantara (PGN) yang sebelumnya dikenal dengan Pasukan Berani Mati era Gus Dur karena menilai negara diganggu ideologi Khilafah.

Kepada wartawan saat sesi konferensi pers Rabu (30/5/2018) siang, Gus Nuril mengatakan bahwa saat ini rumah yang bernama Indonesia sedang dalam keadaan tidak baik. 

Menurut dia, meski tampak tak masalah di luar namun adanya kelompok radikal yang mengatasnamakan Islam dan menilai diri sebagai yang paling baik menjadi ancaman nyata yang harus segera diperangi.

Ducati Serius Bakal Pecat Lorenzo

Hasil tidak memuaskan yang diperoleh pembalap Ducati Corse, Jorge Lorenzo, selama berada di tim pabrikan asal Italia itu membuat nasibnya kini berada di ujung tanduk. Pasalnya, Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, mengungkapkan kalau pihaknya tak ragu mengakhiri kontrak dengan Lorenzo apabila sang pembalap tak kunjung tampil kompetitif.

Pada musim perdananya di Ducati pada MotoGP 2017, Lorenzo gagal memetik satu pun kemenangan dalam balapan yang dilakoninya. Itu merupakan catatan terburuk Lorenzo selama berkarier di MotoGP sejak 2008. 

Tak sampai di situ, performa buruk pembalap asal Spanyol tersebut nyatanya terus berlanjut hingga MotoGP 2018, di mana hingga seri kelima, Lorenzo belum satu kali pun finis di posisi lima besar.

Penurunan Nilai UN SMP Turun Akibat Salah Guru?

Nilai ujian nasional (UN) SMP 2018 mengalami penurunan sebesar 28,01 poin akibat kesalahan ada di guru. Penurunan terbesar penurunan dari mata pelajaran (mapel) Matematika (6,99%) dan IPA (4,75%).

Demikian diungkapkan Kabalitbang Kemdikbud Totok Suprayitno di Jakarta Senin(28/05/2018). Penurunan juga akibat perubahan sistem dari UNKP (ujian nasional kertas pensil) ke UNBK (ujian nasional berbasis komputer). Di mana UN 2017 hanya 37 persen SMP yang UNBK, tahun ini melonjak 63 persen.

Mulai 1 Juli 2018, Australia 'Haramkan' Foto Paspor Berkacamata

Di bawah peraturan baru Pemerintah Australia, foto paspor dengan memakai kacamata tak lagi diperbolehkan. Ketetapan itu mulai berlaku pada 1 Juli 2018 mendatang.

"Aturan baru itu semakin memperkuat integritas paspor Australia", demikian menurut Australian Passport Office seperti dikutip dari News.com.au, Minggu (27/5/2018).

"Penelitian telah menunjukkan bahwa kacamata berdampak buruk pada pencocokan wajah paspor. Pencocokan lebih akurat tanpa kacamata," kata departemen itu.

Kajol Ketemu Kembaran di Singapura

KAJOL, salah satu aktris top Bollywood, berkesempatan bertemu ‘kembaran’ dirinya saat menyambangi Singapura, pada 24 Mei silam. Kembaran yang dimaksud di sini adalah sebuah patung lilin yang bertengger di Madame Tussauds, Sentosa Island, Singapura.

Melansir Straits Time, bintang Kabhie Kushie Kabhi Gham tersebut bertandang ke Madame Tussauds Singapore mengenakan sari hitam, pakaian tradisional para perempuan India. Keberadaan Kajol di museum lilin tersebut menjadi penampilan perdananya di karpet merah bersama sang putri, Nysa Devgan.