Peristiwa Agregasi    Minggu, 03 Juni 2018 / 19:05 WIB

Hadiri KTT di Singapura, Nih Tarif Kamar Semalam Kim Jong Un

WASHINGTON, KRJOGJA.com – Amerika Serikat dilaporkan tengah mencari cara untuk membayar sebuah kamar mewah untuk ditempati Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un selama pertemuan tingkat tingginya (KTT) dengan Presiden Donald Trump di Singapura. 

Masalah logistik yang tampaknya sepele ini dikhawatirkan dapat menghambat peristiwa bersejarah itu jika tidak dipenuhi.

Masalah ini terungkap sehari setelah Trump mengungkapkan bahwa pertemuannya dengan Kim Jong-un telah kembali dijadwalkan untuk berlangsung pada 12 Juni menyusul hasil positif pertemuan dengan pejabat senior Korea Utara di Gedung Putih.

Diwartakan Independent, Minggu (3/6/2018), saat Wakil Kepala Staf Gedung Putih Joe Hagin membahas detail logistik dengan kepala staf Korea Utara, dilaporkan bahwa Kim Jong-un ingin menginap di presidential suite di hotel bintang lima Fullerton Hotel. 

Namun, menurut Washington Post, Korea Utara meminta pembayaran biaya menginap itu dibayar oleh pihak lain selain Pyongyang, termasuk biaya USD6.000 (sekira Rp83 Juta) per malam untuk sewa kamar mewah tersebut.

Hotel, yang terletak di tepi Sungai Singapura, mendeskripsikan tempatnya sebagai hotel "paling eksklusif" di Negeri Singa. Presidential suite di hotel itu dulunya dikisahkan sebagai “ruang bermain kartu dari Singapore Club yang elit”. Kamar itu dilengkapi dengan baby grand piano dan memiliki lift pribadi untuk akses rahasia. (*)