Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 01 Juni 2018 / 15:07 WIB

Jadi Irup Harlah Pancasila, Begini Pesan Presiden

JAKARTA, KRJOGJA.com - Presiden Joko Widodo mengatakan ancasila sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.  Pancasila merupakan suatu berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.

Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila bersama dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (1/6 2018).

BACA JUGA :

Kodim Yogyakarta Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Peringati Hari Pancasila, Siang Ini Slank Konser di UGM

Tirakatan di Titik 0, Masyarakat Diajak Olah Batin Meresapi Pancasila

Menurut Presiden Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945 yang kemudian dituangkan dalam piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada 18 Agustus 1945. 

"Pancasila juga sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya dan sudah menjadi rumah bangsa Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika," kata Kepala Negara.

Presiden Jokowi menambahkan Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.  "Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita," ujar Presiden Jokowi dalam amanatnya.

Ditambahkan Pressiden, pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berdaulat, adil dan makmur. 

"Dengan modal semangat dan energi kebersamaan, Indonesia akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi, serta harus percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif," tambah Presiden.

Presiden Jokowi yakin semangat berprestasi itu tertanam kuat di dada para atlet Indonesia untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Para Games yang diselenggarakan tahun ini.

Diakhir sambutannya Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada founding fathers atas warisan luhur negara kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila yang bisa dinikmati saat ini. "Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya," pungkas Presiden. (Ati)