Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Jumat, 01 Juni 2018 / 07:31 WIB

Cintai Produk Dalam Negeri, Ponsel Buatan Lokal Harus Murah dan Berkualitas

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan ia berharap banyak dengan ponsel lokal agar dapat diterima masyarakat negeri ini. Menurutnya agar itu bisa terwujud, syaratnya hanya ada dua.

"Lebih murah dan punya kualitas," ujar pria yang akrab disapa Chief RA tersebut pada Rabu (30/5/2018).

Rudiantara mengungkap, pada dasarnya pasar ponsel pintar di negeri ini sangat besar. Dengan pasar yang besar, kiranya harga ponsel pun juga bisa lebih murah.

"Kalau saja seluruh pengemudi ojek online yang mencapai satu juta orang memakai ponsel buatan bangsa kita sendiri maka produksinya pasti akan lebih berkembang dengan pesat," katanya.

Dia juga menilai dengan makin banyak tumbuh pabrikan ponsel pintar dalam negeri akan dapat menyerap tenaga kerja dan menjadikannya tuan rumah di negeri sendiri.

"Dengan seribu seratus pegawainya ini harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri," terang Rudiantara.

Terlepas dari itu, Rudiantara mendorong agar produsen ponsel pintar lokal segera membentuk asosiasi tersendiri.

Hal ini berguna selain bersaing dengan merek asing, juga dapat mempermudah pemerintah mengarahkan kebijakan tertentu. Namun, ditegaskannya bukan memberikan kebijakan kepada individu perusahaan.

"Mari kita duduk bersama. Setelah Lebaran kita kumpul, nanti saya undang Pak Erlangga (Menteri Perindustrian). Regulasi harus mengarah ke sektor, bukan perusahaan. Jadi kami tidak bisa memberikan keringanan pajak ke perusahaan, tapi ke industri," ungkapnya.(*)