Hiburan Agregasi    Kamis, 31 Mei 2018 / 11:55 WIB

Muncul Petisi Tolak Iqbaal 'Dilan' Perankan Minke, Kamu Setuju?

JAKARTA, KRjogja.com - Kesuksesan Iqbaal Ramadhan memerankan tokoh Dilan dalam film Dilan 1990 rupanya membawanya pada puncak karier. Ya, setelah memerankan sosok Dilan, Iqbaal begitu digandrungi hingga dipuja oleh publik. Sampai pada akhirnya, Iqbaal kembali ditantang untuk kembali bermain dalam film layar lebar.

Ya, kali ini Iqbaal didapuk memerankan tokoh Minke pada film Bumi Manusia arahan Hanung Bramantyo. Didapuknya Iqbaal memerankan tokoh Minke baru diumumkan beberapa waktu lalu.

Pro dan kontra pemilihan Iqbaal memerankan tokoh Minke pun bermunculan. Ada yang tak sabar melihat sosok Minke diperankan oleh Iqbaal, ada pula yang kurang setuju dengan terpilihnya Iqbaal memerankan tokoh yang diadaptasi dari buku karya Pramoedya Ananta Toer.

Yang menariknya lagi, penolakan Iqbaal diikuti dengan sebuah petisi dari change.org yang dibuat oleh Ady Gilang dengan judul 'Tolak Iqbaal Ramadhan (Dilan) Memerankan Minke dalam Film Bumi Manusia'.

Pantaun dari Okezone hingga Selasa (29/5/2018), petisi ini telah ditandatangani oleh 332 orang. Sedangkan target petisi yang dibuat tiga hari lalu ini adalah 500 tanda tangan.

Isi dalam petisi itu, sang penulis rupanya tidak membenci Iqbaal untuk memerankan sosok Minke, melainkan si penulis tidak melihat aura sosok Minke ada pada Iqbaal.

"Kami tidak ada rasa membenci atau tidak suka kepada sosok Iqbaal. Kami menolak Iqbaal memerankan Minke karena kami tidak melihat aura sosok Minke ada padanya," tulis petisi tersebut.

Sebab, karakter Dilan yang diperankan Iqbaal sendiri begitu lekat sampai dengan saat ini.

"Iqbaal sudah menjadi sosok yang begitu pas untuk menjadi Dilan, dan identitas itu sungguh melekat tak bisa dipisahkan," lanjutnya.

Oleh karenanya, sang penulis juga tidak ingin terpilihnya, Iqbaal memerankan sosok Minke, hanya untuk mendobrak jumlah penonton dari film Bumi Manusia'.

"Kami tidak mau, apabila Dilan akan disamakan dengan Minke hanya untuk mendobrak jumalah penonton," tutupnya.

Seperti diketahui, film Bumi Manusia yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer ini bercerita tentang kisah romantis seorang pribumi bernama Minke. Film berlatar zaman kolonial Belanda ini mengisahkan Minke yang jatuh cinta kepada Annelies (Mawar De Jongh), anak blasteran seorang Belanda dengan nyai bernama Nyai Ontosoroh (Ine Febriane). (*)