DIY Editor : Agus Sigit Minggu, 27 Mei 2018 / 00:19 WIB

Iqbal 'Dilan' Perankan Minke, Ini Tanggapan Putri Pramoedya Ananta Toer

BANTUL, KRJOGJA.COM - Novel  'Bumi Manusia' baru-baru ini kembali menghebohkan Indonesia. Pasalnya, buku karya Pramoedya Ananta Toer ini sedang dalam proses difilmkan. 

Banyak hal yang menjadi sorotan publik mengenai film yang digarap Hanung Bramantyo yang satu ini. Salah satunya adalah pemilihan pemeran utama, Minke. Iqbaal Ramadhan dipilih Hanung untuk memerankan Minke. 

Banyak komentar yang datang. Kekecewaan dan keraguan masyarakat Indonesia yang dicurahkan melalui sosial media mewarnai hari-hari syuting film.

Banyak kalangan yang meragukan Iqbaal mampu menggambarkan Minke layaknya seperti yang ada di buku. Mereka beranggapan bahwa secara fisik Iqbaal berbeda jauh dengan Minke yang digambarkan sebagai lelaki jawa tulen. 

Namun berbeda dengan, Bu Titi, putri pertama Pram. Beliau sangat optimis bahwa film ini akan mampu nyampaikan pesan Pram, terlepas dari keraguan masyarakat atas pemeran utamanya.

“Semua kita percayakan kepada produser, produsernya kan sudah terpercaya.  Keluarga mempercayakan segala sesuatunya ke produser,” tuturnya perihal pemain Minke.

“Kata-kata Pram yang di dalam buku sudah menjadi suatu kunci, semua kalimat Pram sudah terkunci, tidak bisa ada kata-kata yang dibuang. Tetap percayakan saja ke produser. Semuanya kan sudah ada perjanjian.

Seperti judul film sama dengan judul buku terus juga jangan asal bikin film tapi dicadangkan untuk konsumsi asing. Nanti setelah diputar di Indonesia, kita putar juga di luar negeri,” jelasnya ketika berkunjung ke Radio Buku, Jumat 25 Mei 2018.

Bu Titi sedikit banyak bercerita mengenai Bumi Manusia, bahwa di awal tahun 2000an Sutradara terkemuka asal Amerika Serikat, Oliver Stone, ingin memfilmkan Bumi Manusia. Namun Pram menolaknya, ia hanya ingin Bumi Manusia digarap oleh anak bangsa.

Harapan Pram akhirnya terwujud, proses syuting segera dilakukan tahun ini di beberapa kota di Pulau Jawa. (Abra Arimagupita Sekarsoca)