Pendidikan Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 25 Mei 2018 / 18:21 WIB

Mulai Hari Ini, Siswa dan Guru Bisa Cek Hasil UN SMP

JAKARTA, KRJOGJA.com - Dirjen Dikdasmen Kemdikbud Hamid Muhammad ketika dihubungi di Jakarta, Jumat (25/05/2018) menjelaskan siswa dan guru suah bisa mengecek hasil nilai rata-rata sekolah pada Ujian Nasional SMP. Sedangkan, pengumuman hasil rekapitulasi UNBK tiap sekolah dapat dilihat di situs web Puspendik Kemdikbud. 

BACA JUGA :

Mendikbud Akui Terjadi Penurunan Nilai UN SMP

Kemendikbud Masih Terus 'Skoring' Hasil UN SMP

BNSP : Pelaksanaan UN SMP Lebih Kondusif Dibandingkan SMA

 

"Untuk SMP, jumlah sekolah yang mengikuti UNBK tahun ini sebanyak 63 persen. Jumlah ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan tahun 2017, yang mana UNBK untuk SMP sekitar 30 persen," kata Hamid Muhammad saat dihubungi wartawan.

Jadwal pengumuman hasil UNBK juga disampaikan dalam surat Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) yang dikeluarkan pada 17 Mei lalu. Surat itu menyebutkan bahwa tanggal pengumuman hasil UNBK SMP/MTS yang semula dijadwalkan pada 18 Mei 2018 dari panitia tingkat pusat ke panitia tingkat provinsi berubah menjadi tanggal 22  Mei 2018.  Namun, pengumuman hasil UNBK di satuan pendidikan yang mulanya direncanakan pada 23 Mei 2018 diubah menjadi tanggal 25 Mei 2018.  

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, nilai rata-rata Ujian Nasional (UN) tingkat SMP mengalami penurunan. 

Muhadjir menuturkan penurunan nilai rata-rata tersebut ada kaitannya dengan integritas siswa serta tingkat kesulitan soal-soal UNBK yang dikeluarkan. Sebab, tahun ini pemerintah memasukkan beberapa soal dengan daya nalar tinggi atau higher order thinking skill. 

"Tahun ini, sekolah yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sendiri berjumlah sebanyak 63 persen. Jauh lebih tinggi jika dibandingkan tahun 2017, yang angkanya sekitar 30 persen." (ati)