Jateng Editor : Danar Widiyanto Jumat, 25 Mei 2018 / 18:10 WIB

Disetujui Menteri LHK, UNS Bakal Kelola Hutan Bromo

SOLO, KRJOGJA.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo diberi hak  mengelola kawasan hutan Gunung Bromo Karanganyar untuk kegiatan pendidikan dan pelatihan. Hak pengeloaan diberikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MLHK) berdasarkan Surat Keputusan (SK) No. 177/MENLHK/SETJEN/PLA.0/4/2018 Tentang Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK).

Wakil Rektor (WR) IV UNS Prof Dr Widodo Muktiyo menjelaskan sesuai SK di atas luas hutan yang dikelola 122,78 hektare. "Bagi UNS ini sebagai kehormatan. Memang sebelum SK terbit melalui proses panjang, termasuk visitasi oleh menteri (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan) dan sebagainya," kata Prof Widodo kepada wartawan, Jumat (25/5/2018).

Langkah berikut yang disiapkan UNS yakni berkomunikasi dengan Badan Penguatan Kawasan Hutan di Yogyakarta. "Kami diminta untuk berkonsultasi kaitannya untuk membuat tata batas kawasan hutan agar peta sesuai kenyataannya dan itu yang menjadi dasar UNS untuk memanfaatkan kawasan hutan untuk pendidikan, pelatihan, laboratorium, dan sebagainya," tegasnya.

Dari hasil pembicaraan antara Menteri LHK dengan Rektor UNS melahirkan program studi baru Lingkungan dan Kehutanan. Dua prodi baru yang telah disiapkan bakal menjadi harapan Kementerian LHK. Menurut Prof Widodo pemanfaatan kawasan hutan itu tidak sebatas untuk dua prodi baru itu, melainkan bisa untuk prodi lainnya, seperti Biologi, Pariwisata dan lainnya. (Qom)