Olahraga Editor : Agus Sigit Jumat, 25 Mei 2018 / 13:46 WIB

Final Champions Saat Ramadan, Pemain Muslim Puasa Nggak Ya?

Stadion Olimpiade Kiev akan menjadi saksi pertarungan Real Madrid dengan Liverpool di final liga Champions 2017/2018 pada Minggu dinihari (27/5). Selain itu, bulan puasa juga ikut menemani gelaran partai puncak ajang tahunan di Eropa tersebut.

Seperti yang kita tahu, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama hadirnya bulan Ramadhan. Tak terkecuali pesepakbola. Mohamed Salah, Sadio Mane, Emre Can, Karim Benzema, dan Achraf Hakimi merupakan sederetan pemain muslim yang akan terlibat di perebutan gelar juara lusa esok di Ibukota Ukraina.

Kendati demikian, para pemain masih bimbang untuk puasa atau tidak. Dikutip dari islamicfinder.org, adzan Subuh Kiev mulai pukul 02:28 dan saat berbuka di 20.55 yang berarti waktu puasa disana kurang lebih 18 jam. Hal tersebut yang menjadi dilema pemain muslim mengingat kickoff pada 21.45 waktu setempat, dan sengitnya laga puncak yang akan menguras tenaga.

Namun, Mohamed Salah sudah memastikan diri untuk tetap menjalankan rukun islam ke-4 tersebut sebelum final dimulai. Hal itu sudah dikonfirmasi oleh media dari Mesir, Eh-Ahly dan Dailymirror setelah banyaknya pertanyaan penggemarnya di media sosial mengenai puasa atau tidaknya ia di laga nanti.

Arsitek Liverpool sendiri, Jurgen Kloop sama sekali tidak melarang pemainnya jika ingin berpuasa di final nanti. Tetapi, mantan pelatih Borussia Dortmund itu juga belum menentukan latihan seperti apa yang akan diberikan pada pemainnya jika berpuasa.

Walau pemain berpuasa, Liverpool justru ingin mengakhiri puasa titel mereka di Liga Champions sejak 2005 silam. Sedangkan Real Madrid berambisi hattrick gelar juara mereka di Liga Champions berturut-turut.

Penulis: Mutiara Kurnia Gusti (reporter magang)