DIY Editor : Danar Widiyanto Selasa, 22 Mei 2018 / 09:10 WIB

Merapi Jadi 'Waspada', Radius 3 Km dari Puncak Harus Kosong!

SLEMAN, KRJOGJA.com - Berdasar hasil evaluasi data pemantauan Gunung Merapi pada Senin (21/05/2018) yang menunjukkan peningkatan aktivitas, maka Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) kini menaikkan status dari 'Normal' menjadi 'Waspada' yang berlaku mulai 21 Mei 2018 pukul 23.00 WIB.

Atas kenaikan status itu, Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengeluarkan surat edaran peningkatan status serta merekomendasikan bahwa kegiatan pendakian Gunung Merapi untuk sementara tidak direkomendasikan kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.

Disamping itu, radius 3 km dari puncak Merapi agar dikosongkan dari aktivitas penduduk. Masyarakat yang tinggal di KRB III mohon meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Gunung Merapi. Untuk itulah BPPTKG mengimbau masyarakat tidak terpancing isu-isu mengenai erupsi Gunung Merapi yang tidak jelas sumbernya.

"Sejak pukul 23.00 WIB itu status Merapi naik ke 'Waspada'. Namun kami mengimbau agar warga tidak panik dan menunggu komando berikutnya," terang Joko Irianto, Komandan Unit Cangkringan SAR DIY melalui pesan singkatnya di WhatsApp, Selasa (22/05/2018) pukul 00.47 WIB dini hari. (Adk)