DIY Editor : Danar Widiyanto Selasa, 22 Mei 2018 / 08:50 WIB

Danramil Cangkringan Evakuasi Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Merapi

SLEMAN, KRJOGJA.com - Mendengar informasi dari Kabid Kedaruratan dan Logistik yang telah dihubungi oleh BPPTKG bahwa telah terjadi erupsi freatik pada pukul 17.50 WIB dengan amplitudo 50mm, Senin (21/05/2018) hingga menyebabkan hujan abu di Desa Glagaharjo Kecamatan Cangkringan Sleman, Pusdalops menerima Koramil Cangkringan melaksanakan evakuasi warga.

Data dari Komandan Koramil Cangkringan Kapten Widada, jumlah pengungsi sementara 388 orang dan masih ada pendataan susulan. Disitu, danramil memerintahkan Babinsa dan seluruh anggota untuk melaksanakan pemantauan dan koordinasi dengan perangkat desa,TODA, TOMAS Relawan, BPBD, SAR dan Babinkamtibmas di daerah masing-masing guna membantu menyiapkan sarana dan prasarana kebutuhan pengungsi.

"Disini saya langsung melaksanakan koordinasi dan pengecekan di lapangan serta di barak pengungsian Desa Glagaharjo guna memantau perkembangan situasi dan kondisi. Untuk mengantisipasi dampak abu vulkanik saya memerintahkan agar Babinsa membantu masyarakat dengan membagi masker, membantu pengamanan jalur evakuasi serta menghimbau warga yang tidak mau mengungsi agar merasa aman dan tenang," terang Kapten Widada.

Pagi ini, Selasa (22/05/2018) rencanakan Danramil Cangkringan akan melaksanakan karya bakti berkoordinasi dengan Pemda dan masyarakat untuk memantau kondisi terkini di wilayah erupsi. Diantaranya Desa Glagaharjo, Umbulharjo, Wukirsari, Kepuharjo dan Argomulyo. (Adk)