DIY Editor : Agus Sigit Senin, 21 Mei 2018 / 08:31 WIB

Gunung Merapi Kembali Letusan Freatik Semalam

SLEMAN, KRjogja.com - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) lewat akun Twitter resmi @BPPTKG menginformasikan bahwa telah terjadi letusan freatik kecil Pukul 01.25 WIB, Senin (21/5/2018) di Gunung Merapi yang berlokasi di Klaten, Magelang, Boyolali dan Sleman. Letusan freatik itu terjadi selama 19 menit dengan ketinggian asap 700 meter.

"Telah telah terjadi letusan freatik kecil atau hembusan pada tanggal 21 Mei 2018 pukul 01.25 WIB selama 19 menit dengan ketinggian asap 700 m teramati dari Pos Babadan. Amplitudo seismik terukur 20 mm," tulis akun tersebut seperti dilansir Okezone.

BPPTKG kemudian meminta masyarakat untuk tidak panik dan beraktivitas seperti biasa, sembari mengantisipasi hujan abu di sekitar Merapi.

Sementara itu pada cuitan lainnya, BPPTKG melaporkan bahwa hujan abu telah terjadi di wilayah Cawang Bebeng atau bagian barat Merapi. Tanpak sepeda motor berubah putih terkena abu.

Selain itu, BBPTKG menulis, letusan freatik kali ini lebih kecil dari yang tejadi pada 11 Mei 2018 lalu. "Warga Merapi dimohon tetap tenang," tulisnya.

"Jangan lupa Gunakan masker dan kacamata utk antisipasi hujan abu tipis lagi ini. Tetap tenang. Status Normal," tambah akun tersebut. (*)