Jateng Editor : Agus Sigit Senin, 14 Mei 2018 / 14:47 WIB

Merti Desa Dukung Romanza Wisata

PURWOREJO (KRjogja.com) – Berbagai kegiatan yang ada di tingkat desa di Kabupaten Purworejo seperti selamatan atau merti desa, bersih desa, sedekah bumi atau kegiatan sejenis, pada hakikatnya merupakan sebuah kegiatan yang menjadi simbol rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Namun dengan berbagai tata cara adat, kegiatan ini dapat dikemas menjadi even pariwisata.

“Sekaligus mendukung program tahun kunjungan wisata atau Romansa Purworejo 2020,” kata Wakil Bupati (Wabup) Purworejo Yuli Hastuti SH, Minggu (13/5) malam.

Dalam pembukaan pagelaran Wayang Kulit dalam rangka Merti Desa di Balai Kelurahan Sindurjan Kecamatan Purworejo Yuli Hastuti menjelaskan, bahwa kegiatan seperti ini juga merupakan sebuah wadah dimana para penduduk bisa membina tali silaturahmi, saling menghormati, serta saling tepa selira. “Hal seperti ini sekarang sudah mulai jarang terekpresikan di dalam kehidupan masyarakat,” tambahnya.

Selain sebagai manifestasi rasa syukur kepada Yang Maha Esa, kegiatan seperti ini juga merupakan sebuah perwujudan keselarasan manusia dengan alam. “Oleh karena itu, saya menyampaikan dukungan sekaligus penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh warga yang masih setia memelihara tradisi yang adiluhung ini,” tandas Yuli Hastuti.

Dalam kegiatan ini digelar beragam  kegiatan yang diadakan dalam tradisi tahunan, sarat muatan budaya lokal dan berpotensi menjadi even pariwisata. “Saya berharap bisa menjadi even wisata,” tandas Yuli Hastuti. (Nar)