Jateng Editor : Agus Sigit Senin, 14 Mei 2018 / 13:46 WIB

Golkar Targetkan 2 Kursi DPR RI di Jateng IV

SRAGEN (KRjogja.com) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Tengah (Jateng) optimis bisa meloloskan dua calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV Jateng yang meliputi Kabupaten Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen. Dua Caleg Partai Golkar yang ditargetkan melenggang ke Senayan yaitu Endang Maria Astuti (petahana), dan Agus Fatchurrahman, Ketua DPD Partai Golkar Sragen.

Hal itu disampaikan Ketua Harian DPD Partai Golkar Jateng, M Iqbal Wibisono, di sela Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) DPD Partai Golkar Sragen, Senin (14/5). "Dapil IV Jateng kami targetkan dua kursi DPR RI dan dua kursi DPRD Provinsi Jateng. Apapun, Sragen, Karanganyar dan Wonogiri adalah termasuk lumbung suara Partai Golkar di Jateng," ujarnya.

Menurut Iqbal target tersebut realistis melihat peta politik di Dapil IV Jateng, dimana Partai Golkar termasuk partai terbesar. "Strategi kami bagaimana 'nguri-uri' yang sudah ada (petahana) sambil memunculkan atau menambah legislator baru, yakni Pak Agus (Ketua Golkar Sragen yang juga mantan Bupati Sragen)," jelasnya.

Iqbal juga menargetkan perolehan kursi DPRD di Sragen, Karanganyar, dan Wonogiri juga naik dalam Pileg mendatang. "Semoga Wonogiri bisa naik dari 10 menjadi 13 kursi, Karanganyar dan Sragen naik dari delapan kursi menjadi 12 kursi. Syukur-syukur Pak Yuli (Juliyatmono Bupati Karanganyar) besok jadi Bupati lagi," tandasnya.

Pendapat senada disampaikan Ketua Dewan Penasihat DPD Partai Golkar Sragen, Sri Busono. Menurut dia target dua kursi DPR RI bukan sesuatu yang mustahil. Untuk mengoptimalkan perolehan suara, menurut dia perlu ada tandem antar caleg yang diusung Partai Golkar. Konsep tersebut pernah dipakai saat Pileg 2004 oleh dirinya. 

"Perlu saya tegaskan di sini majunya Pak Agus Fatchurrahman ini karena ditugaskan partai, bukan atas permintaan pribadinya. Pak Agus akan bertandem dengan Mas Bondan (Ketua DPD Partai Golkar Wonogiri) yang maju DPRD provinsi," tuturnya.

Sementara Ketua DPD Partai Golkar Sragen, Agus Fatchurrahman, menjelaskan pihaknya menggelar Rapimda untuk merumuskan gagasan detail strategi untuk menyongsong Pileg 2019. Gagasan itu meliputi pencalonan, model rektumen, dan kompensasi bagi caleg yang tak jadi. (Sam)