Jateng Editor : Agus Sigit Senin, 14 Mei 2018 / 11:32 WIB

Siswa SMK 1 Purworejo Juara LKS Nasional

PURWOREJO,KRJOGJA.com - Slamet Sarwo Edi, siswa SMK Negeri 1 Purworejo berhasil menjuarai Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat nasional 2018 di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Slamet berkesempatan mewakili Indonesia dalam World Skill Contest (WSC) yang rencananya akan dilaksanakan di Rusia tahun 2019.

Dalam LKS nasional itu, Slamet Sarwo Edi berhasil memperoleh nilai terbaik pada mata lomba Prototype Modelling. "Kemenangan Slamet meneruskan tradisi pada kompetisi sebelumnya. Rizki Dwi Afrianto menang LKS 2016 dan maju di WSC Abu Dhabi 2017, dimana dia berhasil mendapat perak," terang Kepala SMKN 1 Purworejo Budiyono, kepada KRJOGJA.com, Senin (14/5).

Dalam lomba tersebut, SMKN 1 Purworejo memberangkatkan tiga siswa. Mereka adalah Harsito berlomba di bidang Cabinet Making, Slamet Sarwo Edi bidang Prototype Modelling dan Wahyu Nurwidiyanto bidang Commercial Wiring.  

Namun dua wakil sekolah yang bertanding di bidang Cabinet Making dan Commercial Wiring tidak berhasil memperoleh kemenangan. "Meski demikian, bagi kami tetap prestasi yang membanggakan. Mereka berjuang keras, namun memang belum beruntung," ucapnya.

Setelah kemengan itu, katanya, tugas sekolah belum selesai karena harus mempersiapkan Slamet Sarwo Edi ikut WSC Rusia 2019. "Slamet sudah lulus, tapi tetap kami persiapkan. Kemungkinannya, Slamet meluangkan waktu untuk ke sekolah mempersiapkan diri," ungkapnya.

Dalam LKS nasional 2018, kontingen Jawa Tengah gagal mempertahankan gelar juara umum. Juara umum diraih kontingen DKI Jakarta dengan 17 medali emas, disusul Jawa Tengah 11 emas dan Yogyakarta tujuh emas. (Jas)