DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 12 Mei 2018 / 12:38 WIB

Malioboro Bersih dari Abu Vulkanik Merapi

YOGYA, KRJOGJA.com - Sehari pasca mengalami hujan abu akibat letusan freatik Gunung Merapim Jumat (11/05/2018) pagi kemarin, kawasan Malioboro mulai bersih-bersih menyambut wisatawan. Petugas gabungan dari Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY dibantu para pedagang kaki lima bahu-membahu menyiram sisa abu yang menempel di jalan dan pedestrian, Sabtu (12/05/2018).

TRC BPBD DIY, Krisnadi Setiawan mengatakan kegiatan pembersihan Malioboro dengan penyemprotan merupakan bagian dari tanggap darurat kebencanaan. Menurut dia, abu vulkanik bukanlah kotoran sembarangan karena memiliki efek pada kesehatan manusia.

“Kalau terhirup punya resiko yang tidak kecil. Kita ingin tuntaskan seberapa kecilpun resiko sehingga dilakukan penyiraman dengan air agar tidak terhirup manusia,” ungkapnya.

Dalam aksi tanggap darurat yang dilakukan sehari pasca erupsi ini, tak hanya petugas saja yang berpartisipasi. Pedagang kaki lima yang sebelumnya sempat terganggu abu vulkanik Merapi juga turut serta melakukan pembersihan.

Kepala UPT Malioboro Syarif Teguh mengaku pembersihan oleh berbagai elemen merupakan hal yang sangat positif untuk menjaga kenyamanan wisatawan yang berkunjung. “Malioboro saat ini sedang ramai karena long weekend dan sudah masuk masa liburan sekolah. Pembersihan ini sangat membantu memberikan kenyamanan pada wisatawan yang berada di Malioboro,” tandasnya. (Fxh)