Gaya Hidup Editor : Ivan Aditya Jumat, 11 Mei 2018 / 23:13 WIB

SpaceX Tunda Peluncuran Falcon 9 Blok-5

AMERIKA, KRJOGJA.com - SpaceX kembali menunda peluncuran roket komersial pertama mereka, Falcon 9. Ditemukan kesalahan teknis pada roket Falcon 9 yang membuat roket ini terpaksa ditunda.

Diperkirakan penundaan tersebut sekitar 24 jam. Komputer roket itu menghentikan penghitungan mundur sekitar satu menit sebelum edisi baru Blok-5 Falcon diluncurkan dari Kennedy Space Center di Florida.

Misi perdana roket ini adalah membawa satelit komunikasi ke orbit untuk Bangladesh. Beberapa menit setelah peluncuran dibatalkan, SpaceX mengatakan mereka akan mencoba lagi pada hari Jumat waktu setempat. Uji coba kedua itu akan dilakukan dalam rentang waktu yang sama, dua jam.

Peluncuran kedua ini rencananya akan dilakukan pada 16:14 hingga 18:21 waktu setempat atau pada Sabtu dini hari pukul 03.14 sampai 05:21 WIB. Falcon 9 Block-5 ini dilengkapi dengan 100 permbaruan ketimbang pendahulunya, Block-4. Pembaruan ini untuk meningkatkan kekuatan, keamanan, dan kemampuan 'pakai-ulang' roket pesawat itu.

Roket pendorong utamanya dirancang agar bisa dipakai ulang hingga 10 kali. SpaceX merancang agar Blok-5 hanya perlu sedikit perbaikan diantara penerbangannya.

Sehingga, peluncuran bisa dilakukan lebih sering dengan biaya lebih rendah. Ini merupakan kunci untuk model bisnis SpaceX. Meningkatkan kemampuan roket yang bisa dipakai ulang juga menjadi kunci agar perjalanan luar angkasa menjadi hal biasa. Hingga akhirnya mencapai misi Elon Musk yang jauh lagi, yaitu mengirim manusia ke Mars. (*)