Jateng Editor : Agus Sigit Jumat, 11 Mei 2018 / 17:45 WIB

Kledung Karangdalem Rintis Kampung Olahraga

PURWOREJO (KRJOGJA.com) - Masyarakat RW 02 Kelurahan Kledung Karangdalem Kecamatan Banyuurip mendeklarasikan rintisan Kampung Olahraga. Mereka bertekad mengembangkan beberapa jenis olahraga untuk tujuan prestasi, rekreasi, inovasi dan tradisional. 

Ketua RW 02 Kledung Karangdalem Suratno mengatakan, deklarasi akan diikuti dengan rangkaian aktivitas keolahragaan. Aktivitas itu akan disesuaikan dengan hobi dan karakteristik wilayah itu.  "Elemen RT, pemuda, dasa wisma dan ibu PKK akan dilibatkan dalam membangun konsep tersebut," ujarnya kepada KRJOGJA.com, Jumat (11/5).

Kampung Olahraga, katanya, ada untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Berbagai kegiatan olahraga akan dilakukan di lingkungan RW 02 dengan melibatkan seluruh masyarakat.

Menurutnya, ide membuat Kampung Olahraga sudah ada sejak beberapa tahun lalu. "Namun karena keterbatasan, kami laksanakan secara bertahap. Perlahan berbagai sarana olahraga akan dilengkapi," ungkapnya. 

Keberadaan Kampung Olahraga RW 02 menarik perhatian Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Inf Muchlis Gasim SH MSi. Dandim bahkan meresmikan rintisan kampung itu dan memberangkatkan pasukannya bertanding bola voli melawan tim warga. Dandim juga menyerahkan bantuan beberapa peralatan olahraga.

Letkol Inf Muchlis Gasim mengemukakan, TNI mendukung karena sejalan dengan visi mewujudkan generasi muda Purworejo yang unggul dan berprestasi. "Apa yang dilakukan masyarakat Kledung Karangdalem bisa menjadi inspirasi daerah lain," ucapnya.

Apa yang dilakukan masyarakat, katanya, adalah salah satu bentuk bela negara. Bela negara tidak hanya menjadi tanggung jawab TNI, namun juga masyarakat. “Diantaranya dengan kegiatan positif, seperti membudayakan masyarakat untuk berolahraga," tandasnya.(Jas)