DIY Editor : Agung Purwandono Jumat, 11 Mei 2018 / 10:49 WIB

Mendaki Merapi, Egi Khawatir Saudara Kembarnya Tidak Bisa Dihubungi

SLEMAN, KRJOGJA.com - Egi Rizky Syafly (28) warga asal Pekanbaru khawatir setelah mendengar Gunung Merapi erupsi. Pasalnya saudara kembarnya Ega Rizky Syafly (28) merupakan salah satu dari 50-an pendaki yang masih berada di kawasan Pasa Bubrah Gunung Merapi.

Ega yang sedang menyelesaikan ujian dokternya ini, berangkat mendaki pada hari Rabu, 9 Mei 2018 bersama kedua teman kosnya yaitu Irfan dan Reza. Ketiga pendaki tersebut berencana turun pada hari ini Jumat, 11 Mei 2018.

Baca Juga : 

Gunung Merapi Alami Letusan Freatik, Ini Penjelasan BPPTKG
Apa Itu Letusan Freatik? Begini Penjelasannya
Merapi Erupsi, Ini kata Pakar Geologi UPN
Gunung Merapi Alami Letusan Freatik, BNPB Imbau Masyarakat Pakai Masker

Dari berangkat mendaki sampai pasca erupsi, Ega belum bisa dihubungi oleh keluarga di Pekanbaru. Seluruh keluarga khawatir dan bingung harus menghubungi siapa untuk memastikan kondisi Ega dan teman-temannya. 

Update terbaru, Ega sudah menghubungi pihak keluarga dan dalam kondisi selamat. 

Seperti diberitakan sebelumnya Merapi mengalami erupsi freatik pada Jumat 11 Mei pukul 7.40 WIB dengan durasi kegempaan 5 menit. Ketinggian kolom erupsi mencapai 5500 di atas puncak. 
Erupsi yang terjadi bersifat freatik (dominasi uap air). 

Erupsi berlangsung satu kali dan tidak diikuti erupsi susulan. Sebelum erupsi freatik ini terjadi, jaringan seismik G. Merapi tidak merekam adanya peningkatan kegempaan. (Fatimah Arum Utari)