DIY Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 11 Mei 2018 / 10:37 WIB

Pasca Erupsi Merapi, KID DIY Desak Pemda Beri Penjelasan

YOGYA, KRJOGJA.com - Pasca terjadinya erupsi Merapi, Jumat (11/05/2018) pemerintah harus segera memberi penjelasan kepada masyarakat. Antara lain mengenai apa kemungkinan yang akan terjadi selanjutnya. Juga apa saja yang harus dilakukan masyarakat.

BACA JUGA :

Gunung Merapi Alami Letusan Freatik, BNPB Imbau Masyarakat Pakai Masker

Apa Itu Letusan Freatik?, Begini Penjelasannya

"Pemerintah, khususnya Pemerintah Sleman, harus cepat-cepat mengumumkan kondisi yang terjadi ini dan kemungkinan yang akan terjadi. Sebab ini menyangkut nasib banyak orang," kata Ketua Komisi Informasi Daerah DIY, Hazwan Iskandar Jaya. "Ini harus segera duilakukan pemerintah," tegasnya.

Dalam statemen resmi yang dikirim ke redaksi, Hazwan Iskandar menjelaskan, sehubungan dengan adanya laporan terdengar gemuruh yang diiringi letusan dan asap tebal di kawasan gunung merapi Yogya. Karena itu,  Komisi Informasi Daerah meminta instansi pemerintah terkait untuk sesegera mungkin mengeluarkan Informasi Serta Merta sebagaimana diperintahkan UU 14/2008 Tentang Keterbukaan Informasi Punlik terkait kejadian tersebut dan memberikan informasi yang diperlukan oleh masyarakat. 

Tujuannya untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi dan membahayakan masyarakat.

 Kalau hal ini tidak dilakukan pemerintah, masyarakat (terutama yang terdampak) akan bingung. Juga tidak mengetahui secara pasti apa yang harus dilakukan. Sedang penjelasan pemerintah ini harus segera disebarkan secara luas sehingga semua mengetahuinya. Informasi mengenai keadaan ini merupakan hak mereka. (Fie)