Peristiwa Editor : Ivan Aditya Kamis, 10 Mei 2018 / 12:53 WIB

Najib Razak Akui Kemenangan Mahatir

MALAYSIA, KRJOGJA.com - Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menerima keputusan rakyat setelah koalisi partai yang berkuasa gagal mendapatkan suara mayoritas dalam pemilu di Malaysia. Najib mengatakan perdana menteri baru akan ditentukan oleh Sultan Malaysia karena tidak ada satu partai pun yang mendapat suara mayoritas.

"Saya dan rekan-rekan saya menerima keputusan rakyat dan Barisan Nasional berkomitmen untuk menghormati prinsip-prinsip demokrasi parlementer," kata Najib.

Koalisi oposisi pimpinan mantan perdana menteri Mahathir Mohamad memenangkan sebagian besar kursi dalam pemilihan yang berlangsung Rabu (09/05/2018). Ini adalah kekalahan luar biasa bagi Barisan Nasional yang telah berkuasa sejak Malaysia mendapatkan kemerdekaan dari Inggris hampir 60 tahun lalu.

Kemenangan Mahathir Mohamad yang berusia 92 tahun ini mengejutkan banyak pihak karena Barisan Nasional dianggap sebagai koalisi partai politik yang sangat kuat di Malaysia. Mahathir sengaja kembali ke dunia politik untuk mengalahkan Perdana Menteri Najib Razak yang dihantui oleh berbagai skandal korupsi. (*)