Gaya Hidup Editor : Ivan Aditya Rabu, 09 Mei 2018 / 02:51 WIB

Kemnaker Luncurkan Aplikasi Pengantar Kerja

JAKARTA, KRJOGJA.com - Dalam rangka menghadapi era digitalisasi atau revolusi industri 4.0. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Direktorat Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri (PTKDN) meluncurkan e-pengantar kerja atau aplikasi pengantar kerja berbasis online di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat.

Aplikasi berbasis web dan android ini berfungsi sebagai penyedia atau pangkalan data pejabat fungsional pengantar kerja di seluruh Indonesia serta sebagai media informasi dan komunikasi bagi pejabat fungsional pengantar kerja.

Sekjen Kemnaker, Hery Sudarmanto, mengatakan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri menyambut baik peluncuran aplikasi ini dan meminta pejabat fungsional pengantar kerja segera beradaptasi dengan perkembangan teknologi dalam memberikan pelayanan penempatan kerja kepada masyarakat.

"Menaker menyambut baik dan mendorong agar kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan pejabat fungsional pengantar kerja untuk memberikan pelayanan penempatan tenaga kerja yang mudah, murah, cepat, akurat, dan transparan kepada masyarakat," kata Sekjen Hery mewakili Menaker.

Aplikasi e-pengantar kerja bisa diakses melalui www.e-pengantarkerja.kemnaker.go.id dan dapat diunduh melalui play store. Sementara itu, selain meluncurkan aplikasi e-pengantar kerja, pada saat bersamaan Kemnaker juga menetapkan secara acak 130 desa terpilih untuk program Desa Migran Produktif. Serta pengukuhan kepengurusan Ikatan Pengantar Kerja Seluruh Indonesia (IKAPERJASI) untuk periode 2018-2023. (*)