Jateng Editor : Agus Sigit Jumat, 27 April 2018 / 14:45 WIB

Korban Bencana Terima Bantuan Gubernur

PURWOREJO (KRjogja.com) – Usai menerima bantuan dari Gubernur Jawa Tengah, warga masyarakat korban bencana alam dari 16 desa di Kecamatan Kaligesing, Purworejo, Bagelen, Purwodadi, dan Loano Kabupaten Purworejo langsung dilibatkan dalam simulasi kejadian bencana. Dari ruang pertemuan Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo, mereka langsung berhamburan keluar dan menuju titik pengungsian di halaman kantor setempat.

“Ini sebagai bentuk kesiapsiagaan bencana, sekaligus memperingati hari kesiapsiagaan bencana,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Purworejo Drs Boedi Hardjono, Jumat (27/4).

Para penerima bantuan dari gubernur ini lanjut Boedi Hardjono, merupakan korban bencana tanah longsor, banjir, angin rebut dan lainnya yang terjadi pada periode November-Desember tahun 2017. Bantuan diberikan dalam bentuk rekening dan langsung bisa dicairkan. “Bantuan ini khusus untuk membangun dan membenahi rumah yang rusak akibat bencana,” tandasnya.

Sedang bantuan yang secara simbolis disampaikan Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM ini diantaranya untuk lima warga yang rumahnya rusak total akibat bencana masing-masing Rp 15 juta, rumah rusak berat untuk 33 orang masing-masing Rp 10 juta, dan dua bangunan masjid msing-masing Rp 10 juta.

Menurut Agus Bastian, bahwa bencana tidak pernah diharapkan, namun sebagai warga masyarakat yang bermukim di daerah rawan bencana seperti Kabupaten Purworejo maka setiap saat harus selalu waspada. (Nar)