DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 25 April 2018 / 09:45 WIB

Satgas TMMD Peduli Kesehatan

YOGYA, KRJOGJA.com - Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap manusia. Untuk itu kesehatan perlu dijaga guna menjalani kelangsungan hidup yang lebih baik. Dengan taraf sekehatan yang baik maka akan mampu kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat.

Seperti yang terjadi di Kampung Gambiran Kelurahan Pandeyan Kecamatan Umbulharjo, lokasi dimana kegiatan TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta dipusatkan. Selama ini masyarakat Kampung Gambiran masih ada yang belum mempunyai MCK, sehingga apabila mereka buang air besar atau kecil masih di tempat yang tidak semestinya yakni di Sungai Gajahwong.

Hal itulah yang mendorong Satgas TMMD Reguler ke-101 untuk merehab sarana kamar mandi umum di kampung ini. Dengan fasilitas kemar mandi umum yang memadai diharapkan warga dapat lebih menyadari pentingnya arti kebersihan dalam kehidupannya sehari-hari.

“Bila hal ini terus berlanjut, selain menimbulkan suatu penyakit juga tidak baik bagi kesehatan. Mereka kebanyakan kurang memahami betapa pentingnya kesehatan, terutama kesehatan lingkungan,” ungkap Pasiter Kodim 0734 Yogyakarta, Kapten (Inf) Rino Tri Widodo di Poskotis TMMD Reguler ke-101, Rabu (25/04/2018).

Perehapan MCK umum di Kampung Gambiran di kerjakan oleh anggota Batalyon Zipur Ungaran yang tergabung dalam Satgas TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta. Renovasi kamar mandi umum ini sekarang telah mencapai 90 persen dan tak lama lagi akan rampung.

Kamar mandi umum ini nantinya akan memiliki empat bilik yang masing-masing ruangnya akan dilengkapi jamban sehat dengan sanitasi yang sesuai standar kesehatan. Tiap bilik kamar mandi juga akan tersedia air bersih mengalir yang ditampung dalam bak. (Van)