Jateng Editor : Agus Sigit Senin, 23 April 2018 / 18:46 WIB

Serius Garap Wisata Bruno, Pemkab Ingin Sepaket dengan Dieng

PURWOREJO (KRJOGJA.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo serius menggarap potensi wisata di wilayah Kecamatan Bruno. Bahkan pemkab mengonsep agar kekayaan Bruno dapat dipasarkan sepaket dengan objek wisata Dieng Wonosobo.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Purworejo Agung Wibowo AP mengatakan, topografi berbukit menjadikan kawasan itu kaya akan spot wisata yang indah dan layak dipasarkan. "Untuk itu kami sekarang fokus di Bruno," tegasnya kepada KRJOGJa.com, Senin (23/4).

Kecamatan Bruno, lanjutnya, menjadi kawasan potensial dan setelah diamati, layak dikaitkan dengan Dieng. Berdasar famtrip yang diselenggarakan dinas dengan mengundang pelaku wisata di Jawa Tengah dan Yogyakarta, katanya, sebagian wisatawan yang akan ke Dieng, turun di Stasiun Kutoarjo.

Namun selama di Purworejo, mereka tidak melakukan hal apapun kecuali makan. "Mereka lalu melanjutkan perjalanan ke Dieng, kalau Bruno kita siapkan, wisatawan bisa singgah mungkin satu atau dua malam, menikmati keindahan wilayah itu," tuturnya. 

Pelaku usaha wisata menyambut positif ketika pemkab menawarkan konsep singgah di Bruno sebelum menuju Dieng. "Bagi mereka tidak masalah, bahkan sangat bagus karena menambah objek wisata. Mereka setuju karena Bruno juga bagian jalur alternatif menuju Dieng," terangnya.

Beberapa potensi unggulan yang layak dijual antara lain Puncak Khayangan Sigendol Giyombong, Curug Gunung Putri Cepedak dan Curug Muncar Kaliwungu. Wisatawan dapat menikmati pemandangan sunrise, sunset, air terjun, budaya lokal, kuliner dan kopi Bruno. (Jas)