Wisata Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 23 April 2018 / 08:05 WIB

30 Buruh Gendong Kartinian di Hotel Tentrem


YOGYA, KRJOGJA.com - Tidak ada yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai. Demikian yang disampaikan RA Kartini, sosok yang dikenang sebagai pejuang kesetaraan hak kaum perempuan, yang mendedikasikan usaha dan doa untuk menciptakan senyum kaum yang ia bela. 

Pada peringatan Hari Kartini, Hotel Tentrem Yogyakarta mengadakan acara bertema Perempuan Sehat, Indonesia Hebat. Acara berisi bincang kesehatan tentang pola hidup sehat oleh RS Ludira Husada juga paparan mengenai Kanker Serviks dan Kanker Payudara oleh Yayasan Kanker Indonesia. 

Selain diikuti oleh karyawan Hotel Tentrem Yogyakarta, acara ini juga dihadiri oleh sosok wanita kuat dan gigih, para ibu buruh gendong dari beberapa pasar tradisional di kota Yogyakarta.   "Kegigihan, tekad dan usaha RA Kartini tercermin dalam sosok ibu-ibu buruh gendong. Tanpa mengeluh, mereka gigih memperjuangkan kehidupan keluarga di usia yang tak lagi muda. Bahkan tak jarang mereka menjadi tulang punggung keluarga", ujar Public Relations Manager Hotel Tentrem Yogyakarta Adventa Pramushanti. 

Ibu Sadinah, salah satu peserta dari Pasar Giwangan menceritakan bahwa dirinya sudah 28 tahun menjadi buruh gendong. "Dadi buruh gendong niku kulo kepeksa, mboten gadah ketrampilan napa-napa, mboten gadah ijazah, saged nggendong kulo pun remen. Saged dinggih maem anak kaliyan putu, kagem sekolah. Harapan kulo, anak putu kulo mboten ming nggendong, Mangkin kulo lakonane kiyambak sing rekasa (menjadi buruh gendong karena terpaksa, tidak punya ketrampilan dan ijazah, jadi bisa mendapatkan uang dengan menggendong, saya sudah bersyukur, bisa untuk makan dan sekolah anak cucu Harapan saya, anak cucu saya tidak seperti saya, biar saya yang bekerja keras menjalani pekerjaan ini," ujarnya.

Sebanyak 20 (dua puluh) perwakilan buruh gendong dari Pasar Kranggan, Pasar Giwangan dan Pasar Gamping Yogyakarta nampak tekun mendengarkan paparan tentang kesehatan. Selain mendapatkan edukasi kesehatan, mereka juga mendapatkan tanda kasih dari Hotel Tentrem Yogyakarta. 

"Acara ini kami persembahkan sebagai bentuk apresiasi kepada para wanita hebat dan kuat yang disimbolkan oleh Ibu Ibu yang ada disini, para buruh gendong dan juga wanita-wanita yang berkarya di Hotel Tentrem Yogyakarta. Semoga kita dapat menginspirasi satu dan yang lainnya, menjadi wanita yang kuat untuk bangsa yang hebat”, pungkas Mey Nurnaningsih, Corporate General Manager Hotel Tentrem Yogyakarta.   

Hotel Tentrem menjadi sebuah paradigma baru dengan balutan kemewahan dalam suasana tradisional. Memiliki akses yang dekat dengan pusat kota, hotel bintang lima ini menghadirkan sebuah oase ketenangan dengan nuansa tradisional Kota Yogyakarta. Hotel Tentrem Yogyakarta memiliki 274 kamar bernuansa modern dan dipadukan dengan sentuhan tradisional Jawa dilengkapi dengan 2 restoran, 3 bar & lounge, Gaharu Spa & Fitness,Kids Playground  dan Sidomuncul Gallery & Art Shop. 

Selain fasilitas akomodasi dan rekreasi, Hotel Tentrem juga menghadirkan fasilitas MICE berskala internasional. Dengan 9 ruang meeting dan sebuah ballroom berkapasitas hingga 2.300 orang, Tentrem Ballroom menghadirkan kemewahan dan eksklusivitas dalam sebuah bangunan bergaya klasik yang dapat diandalkan untuk segala kebutuhan bisnis maupun social event. 

Seperti makna nama Tentrem yang membawa konsep keselarasan antara alam semesta dan kehidupan manusia, layanan dan fasilitas Hotel Tentrem tak hanya tentang kemewahan. Pengalaman akan sentuhan lokal yang sarat akan ketenangan dan kedamaian, menjadikan Hotel Tentrem sebuah  tujuan untuk mendapatkan yang terbaik dari kota Yogyakarta. (Ati)