Olahraga Editor : Danar Widiyanto Senin, 23 April 2018 / 00:10 WIB

Kejuaraan Internasional Downhill di Bantul, Yadi Mulyadi Juarai Kelas Bergengsi

BANTUL, KRJOGJA.com - Pebalap sepeda downhiil asal tim GOPAD Bogor Jawa Barat, Yadi Mulyadi berhasil menjadi juara kelas paling bergengsi di ajang 76 Indonesian Downhill 2018 Seri I yang berlangsung di Bukit Hijau Bike Park, Imogiri, Minggu (22/4/2018). Berlomba dalam kondisi lintasan yang dipenuhi lumpur akibat terguyur hujan lebat, Yadi mampu tampil apik dan menjadi yang tercepat.

Melahap lintasan sepanjang 1,38 km dengan sudut elevasi ketinggian mencapai 198 meter ditambah kondisi licin berlumpur akibat hujan nyatanya tak membuat pebalap 28 tahun ini ciut. Yadi hanya butuh 2 menit, 36.194 detik untuk menjadi yang tercepat mengalahkan lawan-lawannya di kelas paling bergengsi Men Elite A. 

Catatan tersebut terpaut lebih dari 4 detik dengan peringkat kedua, Yoga Nugraha. Pembalap asal tim Spartan Racing Team Jawa Barat yang hanya mampu mencatatkan waktu terbaiknya yakni, 2 menit, 40.773 detik.  

Sementara untuk peringkat ketiga, juga direbut pembalap asal Spartan Racing Team Jawa Barat, Afrizal Brasco dengan torehan waktu 2 menit, 43.348 detik. Untuk peringkat keempat dan kelima masing-masing ditempati Dedik Handika asal PVR Racing Tim dan Dafit Iskandar dari Lets Go Chiken Tim asal Yogyakarta. 

Direktur Indonesian Downhill, Parama Nugroho mengungkap pihaknya sangat puas atas pelaksanaan seri perama yang berlangsung di Bantul ini. Menurutnya, jumlah peserta sudah sesuai harapan meski ada beberapa nama kenamaan tanah air yang absen karena tengah mengikuti Pelatnas Asian Games di Australia. 

“Tahun ini sangat sukses dan tahun depan (2019) akan kami bawa kembali salah satu seri Indonesian Downhill ini ke DIY. Kami ingin terus menggelorakan olahraha downhill agar banyak atlet-atlet Indonesia yang bisa berbicara di tingkat internasional,” ungkapnya usai perlombaan. 

Ketua Umum ISSI DIY Wawan Harmawan juga berharap olahraga balap sepeda khususnya downhill di Yogyakarta bisa terus berkembang dengan adanya kejuaraan dengan level internasional. “Harapan kami muncul banyak atlet potensial di Yogyakarta khususnya untuk cabang downhill. DIY punya potensi dan kami akan terus berupaya mendukung perkembangan olahraga balap sepeda,” terangnya. 

Sementara hasil lomba lainnya, di kelas Men Elite B gelar juara diraih Rendy Varera Sanjaya dari tim XTR, kelas men junior juara diraih pebalap DIY Reno Saputra (Sari Gabplek ISSI Gunungkidul), Women Elite dijuarai Arinda Novitasari (KJS Samarinda), kelas Women Open juara direbut Ayu Triya Andriana (Banditz ISSI Banyuwangi), kelas Men Sport dijuarai M Rizky Syahbani (Bhayangkara Racing Team), kelas Men Sport B juara pebalap DIY Iyan Cahya Ismail (Selaseli Syndicate Yogyakarta), kelas Men Youth pemenang asal DIY yakni FX Eleno (Elegato Indonesia), kelas Master A dijuarai Indra Arif Hermawan (Kedu Cycles Temanggung), kelas Master B juara yakni Malvin Elzamani (Gopad), kelas Master C dijuarai Dimas Wardana (Sexteenwinds), kelas Master D juara adalah Hari Hendrawan (Dirty seven), kelas Master E dijuarai Suwarno (Spartan Racing Team), Master Expert A dijuarai Pornomo (Banditz Squad Batu Jawa Timur) dan Master Expert B dijuarai Sugianto Stiyawan (Noise Bikers). (Fxh)