Olahraga Agregasi    Minggu, 22 April 2018 / 07:12 WIB

Marquez Belum Pede Hadapi MotoGP Amerika Serikat

AUSTIN (KRjogja.com) – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez mengaku belum memiliki kepercayaan diri guna menghadapi seri ketiga MotoGP 2018 di Sirkuit Austin, Amerika Serikat, Senin 23 April 2018, dini hari WIB. Rasa percaya diri yang belum dimiliki oleh Marquez bukanlah akibat dari perselisihannya dengan pembalap Movistar Yamaha, Valentina Rossi, melainkan karena belum menemukan pengaturan yang pas untuk kuda besi miliknya.

Marquez sesungguhnya mampu menampilkan performa yang baik pada sesi latihan bebas pertama dan kedua di lintasan sepanjang 5,5 Kilometer tersebut. Pada sesi latihan bebas pertama The Baby Aliens –julukan Marquez–  mampu untuk menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 2 menit 5,530 detik, unggul dari Rossi di peringkat kedua dengan catatan waktu 2 menit 5,926.

Sementara itu, pada sesi latihan kedua Marquez harus rela posisinya melorot di belakang pembalap Suzuki Ecstar, Andrea Ianone, yang membukukan catatan waktu tercepat 2 menit 4,599 detik. Pada sesi latihan bebasa kedua, Marquez  hanya mampu mencatatkan waktu 2 menit 4,655 detik.

Meskipun hasil sesi latihan bebas tidaklah buruk bagi Marquez dan timnya, akan tetapi The Baby Aliens masih belum menemukan kepercayaan dirinya untuk menghadapi balapan di Sirkuit Austin nanti. Menurut pembalap berusia 25 tahun tersebut kuda besi miliknya masih butuh beberapa penyesuaian agar mampu menjadi yang tercepat pada balapan seri ketiga MotoGP 2018.

“Saya melakukan lap terbaik dengan ban keras, sedangkan dengan ban medium saya mengalami beberapa kedala. Dalam hal apapun, kami mampu menemukan pengaturan yang cocok bagi motor saya, tetapi saya belum terlalu percaya diri untuk balapan nanti. Kami harus melihat situasi besok. Saya juga harus mengatakan bahwa Vinales tidaklah terlalu jauh dari saya. Akan tetapi kami akan terus bekerja,” ungkap Marquez, seperti yang diwartakan GP One, Sabtu (21/4/2018).

Melihat hasil sesi latihan bebas pertama dan dua, maka pantaslah juara dunia empat kali MotoGP tersebut mewaspadai Maverick Vinales. Hal itu dikarenakan Vinales mampu tampil konsisten pada kedua sesi latihan bebas, dengan menempati posisi ketiga secara berturut-turut.

Akan tetapi, Marquez memiliki catatan bagus di Sirkuit Austin dengan selalu keluar sebagai juara, sejak balapan MotoGP digelar di Sirkuit kebanggan Amerika Serikat itu tahun2013. Melihat catatan impresif itu, maka wajar bila Marquez kembali diunggulkan menjadi juara pada balapan di lintasan sepanjang 5,5 Kilometer tersebut. (*)