Olahraga Agregasi    Minggu, 22 April 2018 / 06:15 WIB

Vinales dan Rossi Optimis Menuju Performa Puncak

AUSTIN (KRjogja.com) – Penampilan duo pembalap Tim Movistar Yamaha sangatlah memuaskan pada sesi latihan bebas hari pertama di Sirkuit Austin, Amerika Serikat, Jumat 20 April 2018. Valentino Rossi dan Maverick Vinales mampu masuk ke jajaran lima besar dalam dua sesi latihan bebas yang diadakan di hari Jumat tersebut.

Pada sesi latihan bebas pertama , The Doctor –julukan Rossi– berada di peringkat kedua dengan catatan waktu 2 menit 5,926 detik. Sementara itu, di posisi tercepat ditempati oleh seteru Rossi, yakni Marc Marquez, yang mampu membukukan waktu 2 menit 5,530 detik. Sementara itu, Vinales berada di posisi ketiga dengan catatan waktu 2 menit 6,257 detik.

Kemudian pada sesi latihan bebas kedua, giliran Vinales yang menunjukkan tajinya, untuk melibas Sirkuit Austin dengan catatan waktu 2 menit 4,863 detik. Pembalap berusia 23 tahun itu hanya kalah dari Marc Marquez di posisi kedua dengan catatan 2 menit 4,655 detik. Marquez sendiri harus rela kalah cepat dari pembalap Tim Suzuki Ecstar, Andrea Iannone, yang membukukan waktu 2 menit 4,599 detik. Sementara itu, Rossi harus puas menempati posisi keempat dengan catatan waktu 2 menit 4,958 detik.

Hasil ini tentu saja merupakan kabar gembira bagi tim berlambang garpu tala tersebut, di mana kedua pembalapnya mampu tampil maksimal di lintasan yang sesungguhnya tidak dalam kondisi baik.  Kondisi Sirkuit Austin memang dalam kondisi yang tidak terlalau baik, karena banyaknya debu dan tonjolan di sepanjang lintasan.

Akan tetapi, dibalik segala permasalahan di Sirkuit Austin, Vinales mengku senang atas penampilan dirinya pada sesi latihan bebas hari pertama. Saat ini yang jadi pemikiran Vinales ialah mengeai pemilihan ban yang akan digunakan pada saat balapan.

“Sesi latihan bebas kedua berjalan sangat baik secara keseluruhan. Bahkan, kami belum mencoba ban halus di bagian akhir karena pada awalnya, saya kurang nyama menggunakannya di lap pertama. Akan tetapi, saya masih berpikir kami memiliki kesempatan yang baik bila menggunakan ban lembut, jadi kami masih memiliki sisi yang dapat dikembangkan,” ungkap Vinales, seperti yang diwartakan laman resmi MotoGP, Sabtu (21/4/2018).

Sementara itu, Rossi juga senang dengan hasil latihan bebas hari pertama di Sirkuit Austin, Amerika Serikat, Jumat 20 April 2018. The doctor pun puas karena timnya memiliki solusi bagi masalah akselerasi motor yang digunakan Rossi.

“Hasil hari ini sangatlah positif karena saya cukup cepat di kedua sesi latihan bebas. Saya juga merasa senang dengan motor yang saya gunakan. Kami banyak bekerja untuk meningkatkan akselerasi. Kami mencoba sesuatu yang berbeda dan hasilnya lebih baik. Saya cukup senang akan hasil ini,” tandas Rossi. (*)