Pendidikan Editor : Tomi sudjatmiko Sabtu, 21 April 2018 / 15:42 WIB

Tanamkan Budaya Keterbukaan Informasi Pada Generasi Muda

SLEMAN, KRJOGJA.com - Sebanyak 25 kelompok siswa/siswi SMA/SMK/MA dari seluruh kabupaten/kota di DIY mengikuti babak semifinal Lomba Cerdas Cermat (LCC) Keterbukaan Informasi Hari Keterbukaan Informasi Basional (HKIN) yang digelar Komisi Informasi (KI) DIY didukung Diskominfo DIY serta Universitas Aisyiyah Yogyakarta (Unisa) di Gedung B 103 Kampus Unisa Jalan Ringroad Barat No 63 Gamping Sleman, Sabtu (21/04/2018).

"Tiap kabupaten/kota kami ambil lima kelompok untuk masuk babak semifinal setelah melalui babak penyisihan berupa lomba esai," tutur Ketua KI DIY Hazwan Iskandar Jaya dijumpai KRJOGJA.com sela kegiatan.

Menurut Hazwan, nantinya akan dipilih satu peserta untuk mewakili tiap kabupaten/kota yang berhak maju ke babak final. Jalannya final akan dilakukan di TVRI Yogyakarta seperti halnya lomba cerdas cermat pada umumnya.

"Untuk babak semifinal ini peserta diberikan soal dengan pilihan ganda, berupa UUD 1945, Hak Asasi Manusia (HAM) atas informasi, UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP) serta segala hal terkait Komisi
Informasi (KI)," ungkap Hazwan.

Melalui kegiatan ini Hazwan berharap dapat mengenalkan keterbukaan informasi publik pada generasi muda yang ke depannya akan menggantikan para pemimpin bangsa. Untuk itulah mindset keterbukaan informasi tersebut harus tertanam sejak dini. Sehingga mereka tidak ragu-ragu untuk menerapkan jika suatu saat nanti menjadi pejabat publik. (Feb)