Jateng Editor : Agus Sigit Jumat, 20 April 2018 / 15:46 WIB

Tak Memenuhi Syarat, Ribuan Nama Dalam DPS Dicoret

BOYOLALI (KRjogja.com) – Sebanyak 2.076 nama dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Boyolali untuk Pilgub Jateng 2018 dicoret karena tak memenuhi syarat untuk memilih. 

Dalam rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh KPU Boyolali yang digelar Rabu (18/4) kemarin, diketahui pencoretan tersebut karena setelah dilakukan verifikasi, nama-nama pemilih sudah tak memenuhi syarat atau TMS dalam Pilgub Jateng 2018. Diantaranya karena meninggal, pindah domisili, serta beberapa nama yang tercata ganda dalam DPS.

Komisioner KPU Boyolali, Wahyu Prihatmoko menjelaskan, selain nama yang dicoret, selama proses penetapan DPS ke dalam Daftar Pemilih Tetap atau DPT juga terdapat penambahan jumlah pemilih sebanyak 1.302. Mayoritas dari jumlah tersebut adalah pemilih pemula yang kali pertama akan menggunakan haknya dalam Pemilu. 

Untuk pemilih di Boyolali dalam Pilgub nanti, ditetapkan jumlah DPT yakni 776.359 nama pemilih, berkurang sebanyak 774 nama yang tercantum dalam DPS. 

Di sisi lain, untuk pemilih yang namanya tidak tercantum dalam DPT ternyata masih bisa menggunakan hak pilih. Syaratnya, imbuh Wahyu, yang bersangkutan mesti membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli untuk memverifikasi bahwa ia punya hak pilih. "Pencoblosan warga yang tak tercantum dalam DPT harus dilakukan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sesuai dengan domisili yang tercantum dalam KTP," tandasnya. (Gal)